Amazing Citambur Bagian II : Curug yang Ter ...

Pagi ini, Minggu 29 Januari 2017 ... dibuka oleh mata yang masih sepet dan hujan yang masih merinai. Rafid sudah minta main air di Curug Citambur .. padahal belum juga genap jam enam. Kopi juga belum sempat disruput. Hampir terjadi perang dingin .. sambit-sambitan crank, dipecut rantai, dilempar wheelset .. jiah ..!

Tapi sayangnya itu hoax, seperti kabar Ahok - Djarot yang baku pukul gara-gara dana kampanye.. walah ! kejauhan om, permisalannya. Memang .. terjadi sedikit selisih paham, om Rafid minta ditemenin mandi sauna di Curug Citambur. Cuma beda dengan sauna ala Jepang. Di sini, saunanya dari cipratan air Curug Citambur yang bikin basah-kuyup meski cuma mendekat tanpa perlu menyentuh langsung aliran airnya.

amazing citambur ... spechless !

"sabunan dekat curug, kan nanti uap airnya mbilas sabunnya .. !" begitu argumen om Rafid. 
"oke, fid  ! .. tapi sebentar lagilah .. jam 7 gitu! " Saya mendebat !
Masih terlalu pagi dan terlalu dingin, dari semalam juga tidur cuma setengah babak. Sekitar jam 11 atau jam 12 malam turun hujan .. dan kejadian seperti di Telaga Cebongan terulang. Kali ini, Saya dan Rafid hanya mengandalkan hammock dan flysheet juga cuma satu. 

Alhasil .. tengah malam Kami mengungsi ke warung .. pengin melanjutkan tidur tapi ga bisa nyaman .. posisi warung terbuka dan tampias angin bukan main dinginnya. Rebahan dibangku warung yang pas badan, sambil basa-basi pesan minum .. biar pemilik warung ga manyun. Mau tidur di mushola lagi.. letaknya serem.. dan terlalu dekat dengan aliran air.. takutnya ada ular dan binatang semacamnya.

Kiranya perlu tenda, penting! Kejadian kurang tidur ga boleh terulang ke-3 kalinya. Cukuplah tenda double layer yang muat 2 orang. 



Akhirnya, setelah beberapa seruputan kopi beranjak jam 7 pagi.. Saya menemani Rafid ke Curug. Masih sangat sepi .. cuma ada beberapa orang yang Kami temui di Curug. Rafid melanjutkan rencananya .. mandi sauna super dingin .. loe enak Fid, lemaknya tebel, jadi tahan dingin.. lah gue.. jiah !!! langsung menyentuh tulang ! hahahha...

Menyusuri kali irigasi, mencari sudut gambar terbaik untuk mengambil beberapa foto curug, jika dari atas tidak terlihat undak kedua dibawah. Sudut terbaiknya adalah turun ke aliran kali Curug Citambur .. jeprat-jepret-jeprat-jepret .. Rafid bergabung .. jadi modelnya.. hadeh !!!



Oya .. bahkan untuk mengambil foto .. mesti memperhatikan arah mata angin .. tampiasan uap air dari curug yang terbawa angin bukan hanya membuat badan basah kuyup dalam radius yang lumayan jauh .. sekitar 50-100 meter. Tapi juga membuat kamera HP Saya basah dan layar sentuh ga bisa dioperasikan.

Dinamakan Citambur, ... ini menurut Saya loh yah .. ga ada refrensinya atau bukti empiris... karena limpahan air yang menyentuh dasar kaki bukit menimbulkan suara keras .. cetar .. membahana layaknya tambur .. tau tambur kan ? itu loh .. Kota yang jalanannya hilang gegara proyek pembuatan underpas di bawah rel kereta yang ga kelar-kelar .. udah tahunan. Adanya di Planet Bekasi... haghaghag !!!



Tambur itu salah satu instrumen atau alat musik drumband yang suaranya paling berisik. Jadi dinamakan Citambur karena curug ini menimbulkan suara yang berisik pakai banget ! udah 2 x saya ulang loh .. jadi inget yah, besok keluar diulangan .. halah !

Letaknya terbilang cukup mudah diakses, di jalur alternatif yang menghubungkan Cianjur - Bandung via jalur selatan. Lewat Rancabali, yang menurut Rafid adalah perkebunan teh terindah di Jawa Barat. Terus Ciwidey - Soreang - Bandung.  Ada angkutan umum berupa minibus atau elf .. yang lumayan sering berlalu-lalang. Cuma mengenai ongkos dan jadwal keberangkatannya Saya ga tau.. kan gowes .. jiah !

Pemandangannya luar biasa .. serba ter-lah ... terindah, tercantik, tertinggi, terberisik, dan ter-ter lainnya yang mengacu pada padanan kata "paling". Jempolan dah .. sampai susah banget menggambarkannya .. so .. silahkan simak foto-fotonya aja .. pokoknya keren banget.



Padahal .. foto-foto itu diambil cuma dari kamera HP 8 MP, wuih .. kalo take-nya pake DSLR atau yang MP-nya lebih besar .. lebih amazing pastinya. Untuk lebih kekinian bisa simak juga foto-foto Citambur di Album Amazing Citambur di Page CUTER .. ini link-nya !


Doyan ...  Bersambung ... yah !


follow instagram : @begundalcuter 
 : @uthitgowes

" jika bermanfaat ... tinggalain jejak ya ..share, like, atau comment di Blog ini, Thanks ! "


1 komentar:

  1. potensi wisata edun begini sayang banget belum digarap... kamarana atau pagawe pemnda teh...

    ReplyDelete