5 Destinasi Keren di Kawasan Dieng

Dataran tinggi Dieng secara administratif terletak di perbatasan antara Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.  Yang pasti diingat orang yg pernah berkunjung kemari adalah suhu dinginnya, karena terletak di ketinggian 2000 mdpl.  Siang kisaran 15 -  25°c, malamnya kisaran 10° c,  dan bulan tertentu bisa mencapai 0-5°c sangat dingin buat orang bekasi yang biasa hidup di atas 25° c.

Yang unik,  lokasi wisata satu dan lainnya berjarak relatif dekat... Banyak variasi.  Berikut 5 Destinasi wisata yang indah dan berdekatan.

Kawasan Candi


Ditemukan pada masa penjajahan Belanda dan kemudian dipugar,  terletak di kawasan padang rumput yang sangat luas.  Terdapat beberapa kawasan candi antara lain Candi Arjuna,  candi Gatot kaca,  Candi dwarawati,  dan Candi Bima.

Menurut sejarahnya dibangun pada masa Dinasti Sanjaya,  merupakan candi Hindu antara abad ke-7 -  9 masih.

Telaga Warna


Dieng merupakan kawah gunung berapi besar atau super volcano yang masih aktif. Coba aja googling mengenai sinila..  Bencana alam yang terjadi Di sekitar tahun 1979, horornya konon korbannya satu desa yang terperangkap oleh asap beracun dari kawah Sinila.



Telaga warna merupakan kawasan yang terdiri dari 2  telaga yang satu berwarna hijau dan lainnya berwarna biru. Begitu warna yang Saya liat pada bulan Desember. Menurut kajian ilmiahnya perubahan warna yang biasanya antara biru,  hijau dan putih terjadi karena lapisan fosfor yang terdapat didasar telaga yang dipengaruhi oleh aktifitas panas magma Di bawahnya,  ingat yah..  Ini terletak di kawah gunung berapi.

Kawah Sikidang


Merupakan kawasan cekungan yang terbentuk kawah,  terletak ditanah datar yang relatif mudah Di akses,  sehingga pengunjung dapat dengan mudah melihat aktifitas letupan lava meskipun berskala kecil.  Dari aktifitas letupan ini menimbulkan gulungan asap belarang yang beracun.



Sudah dipasang pagar-pagar agar pengunjung mengetahui batas aman,  jangan sampai terperosok dalam kawah atau menghirup asap belerang yang bisa membahayakan kesehatan. Dinamakan sikidang karena kawah kawah itu bisa berpindah-pindah dan nampak sebagian telah mati aktivitasnya.

Bukit Sikunir


Ini adalah tempat favorit di dieng,  bukit dikutip.  Terletak di 2263 mdpl, konon ini adalah tempat untuk melihat sunrise terbaik.  Dengan hiasan gunung-gunung tinggi di Jawa tengah,  sindoro,  sumbang,  merapi,  merbabu, dan gn.  Ungaran.

Sayang,  saya datang dengan timing yang tidak beruntung.  Sudah dibela-belain kedinginan kemping di telaga cebongan..  Malam itu hujan tak reda sampai esok paginya.

Curug Sikarim


Kalo yg satu ini hanya orang iseng aja yang mau berkunjung kemari.  Dengan akses jalan yang 99% aspal breeze membuat orang enggan kemari.  Ditambah dinginnya dieng membuat siapapun ogah menyentuh airnya.



Untuk akses jalannya,  ada disebelah kanan jalan desa sembungan dari arah gerbang.  Arahnya menuju ladang warga, menyusuri jalan rusak sepanjang sekitar 3 km.

Karakter Curug Sikarim besar dan tinggi,  terbentuk dari air yang menerobos tebing dan jatuh di lembah.  Perkiraan tinggi sekitar 80-90 meter dengan lebar 10 meter.

Cocok sebagai rute pulang,  jika dari masuk dari sembungan akan tembus ke menjer dan selanjutnya menuju jalan raya dieng wonosobo

0 komentar:

Post a Comment