Federal Sendal Jepit

Alternatif melakukan journey dengan sepeda selain menggunakan rack atau boncengan adalah model bike packing. terdiri dari tas-tas, ada tas sadel, tas frame, tas handlebar, dan tas matras. Saya menambahkan DIY di fork. Berhubung susah dapetinnya Saya masih packing seadanya untuk pengganti tas fork.

#federal_tempur , frame wildcat, dibalut ban besar, rem cakram, dan tas bikepacking terlihat gahar & macho banget
Orang biasanya menyebut bikepacking, tapi kalo Saya lebih suka menamai Federal Tempur. Berbekal frame Wildcat, dengan fork suspensi, dengan ban sengaja dibesarin, dan satu set tas bikepacking kesannya macho, gahar, urakan, norak, tapi keren. Cocok dengan style bersendal jepit.

Plus & Minus


Kelebihannya adalah bobot keseluruhan sepeda menjadi lebih ringan, karena berfork suspensi cocok buat segala medan, termasuk makadam. Secara harga lebih murah, satu set tasnya merk RideStyle seharga 600rb, sudah komplit tas sadel, tas handlebar, tas frame, dan tas matras.

Minusnya mesti pintar-pintar memilih barang bawaan karena daya tampungnya lebih sedikit dibanding dengan rack dan pannier. Tapi cocok buat journey 2 - 3 hari. Bahkan Saya sempat pusing 7 keliling, tas utama yang di sadle cuma cukup bawa pakaian beberapa potong dan sebuah piring plastik buat nyeduh mie instan.

Memang aslinya untuk MTB, yang notabene ukuran seat tubenya kecil, jadi tas sadelnya hanya cocok dipasang di seatpost yang panjang. Akan terlihat memaksakan kalau dipasang di seatpost pendek. Saran Saya sih, gunakan seatpost besi, alloy ngeri patah !

Juga ketidakadaan fender menjadi masalah kotornya baju dan badan saat menerobos hujan. Saya akalin dengan fender depan dan Saya pasang sepotong fender dibelakang seat tube. Sedangkan fender belakang sengaja tidak dipasang, mengurangi estetika... kurang enak dipandang. masih nyiprat ke punggung.

Kesan gembel diperkuat dengan mug, rangka kompor yang dicantelin begitu saja. Cocok banget dengan gaya gowes Saya yang pakai sendal jepit.

Thanks, sudah menyimak artikel ini .. semoga bermanfaat !!! Gowes adalah cara paling sehat lari dari kenyataan ,... jiah !!!

" jika bermanfaat ... tinggalain jejak ya ..share, like, atau comment di Blog ini, Thanks ! " 

2 komentar:

  1. Wahh.... modofikasi yang mantap untuk bacpacking, apalagi kalau mau di padukan dengan pakai sendal jepit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalnya sih nih sepeda seejak ada streetcat jarang dipakai, serignya dipakai anak jadi ancur decal dan catnya.. mau dimodalin rack ya kok kemahalan .. pas ada ide liat postingan om Bayu (yg bikin tas ridestyle) dan itung2 modalnya lebih masuk akal .. 600rb sudah keren .. cuma kelemahannya memang kapasitasnya sedikit..

      Delete