DiY : Power Bank 10.000 MAh seharga 20 ribuan

Kata orang zaman ayena...  kebutuhan pokok itu makan,  pakaian,  dan powerbank...  haghaghag! Hanya saja untuk mendapatkan powerbank kapasitas besar dan realcapacity perlu merogoh kocek yang cukup dalam.  Sebagai perbandingan Saya pakai Powerbank V-Gen 10K MAh,  itu harganya diatas 300ribu.

Memang sih banyak powerbank murah meriah tapi bikin marah-marah.  Harganya memang murah tapi...  katanya 10K MAh tapi buat cas Asus Z5..  baru 40%,  powerbanknya sudah habis.  Beda dengan yg real capacity seperti V-Gen..  sanggup cas 5 sampai 6 kali dengan kondisi 100%.


Kebutuhan akan powerbank,  paling dirasakan saat kondisi akses ke sumber listrik terbatas. Salah satunya adalah saat bersepeda long distance journey alias gowes turing yang menempuh jarak ratusan km dan waktu berhari-hari. Powerbank dibutuhkan untuk menyalakan senter dimalam hari,  gps,  hp,  dll.

Kehabisan daya powerbank menyebabkan terganggu bahkan membahayakan.  Untuk menyiasati harga powerbank bagus yang mahal,  yuk mari Kita rakit sendiri.  Penampakannya seperti foto diatas yang warna putih.

Bahan yang diperlukan cuma baterei bekas laptop yang masih bagus.  Ini termasuk barang limbah,  biasanya cell baterei laptop yang berisi 6 buah,  jika batereinya asli bawaan laptop..  masih asli buatan jepang. Kualitasnya..  hmm jaminan made in japan lah..  good!  Kita membutuhkan 5 buah baterei dengan kode no.  18650 ini.  Fyi : baterei laptop model 18650 made in japan..  ada juga yg jual baru..  di toko online www. jakartanotebook. com harganya sekitar 50 rb / satunya.


komponen yang kedua adalah casing dan kit rangkaian carger dan suppliernya. Masih di www. jakartanotebook. com ada beberapa model..  silahkan cari sendiri sesuai yang dibutuhkan.  Saya pakai yang model 5 baterei harganya cuma 21 rb.

selanjutnya,  batereinya tinggal disusun dicasing kit powerbank sesuai petunjuk,  test dicas dan ngecas..  Jika sudah yakin tutup casing..  Hanya kelemahannya tutupnya ga rapi,  ga bisa rapat.  Saya musti tambahin solasi listrik agar tampak kokoh.  Dan lumayan berat,  karena batereinya real capacity.


Proses cas baterei powerbank made in sendiri dengan baterei made in japan ini lumayan lama.  menghabiskan waktu seharian sampai lampu indikator baterei berhenti berkedip.  yang artinya powerbank penuh 100%.  Begitu juga untuj ngecas HP,  Saya test untuk  cas Asus Z5 sanggup 6 kali cas full.  keren kan.. !!!

Untuk diperjalanan,  proses casnya bisa dengan solar panel DiY,  untuk tutorialnya bisa dilihat dilink ini.. http://www.uthitgowes.my.id/2016/02/diy-charger-solar-panel-v20.html?m=1

Semoga berguna ..

0 komentar:

Post a Comment