Seribu Jalan Menuju Curug Bulao

Awalnya, dulu .. hampir setahun yang lalu .. Saya hanya tahu kalau di Bogor ada Curug Cilember, Curug Cibeureum, Curug Cigamea, dan beberapa yang sudah familiar. Tapi, setelah bergelut dengan Cuter dan mulai perburuan Curug dengan sepeda, ... Subhanallah .. ternyata masih banyak dan ga habis-habis setelah dieksplore hampir setahun.


Gunung Gede di kejauhan

Muncul nama-nama baru yang belum pernah didengar sebelumnya. Dengan keunikan masing-masing. Seperti yang ini, dalam eksplorasi kali ini, masih tetap setia bersama Cuter ... Kami akan menyambangi Curug Cibulao.


Curugnya memang Panjang
Curug Cibulao terletak di kawasan wisata Mega Mendung, Puncak Bogor. Merupakan hulu dari beberapa Curug lainnya seperti Curug Naga, Curug Panjang, Curug Barong, dan Curug Orok. Kawasan yang terkenal dengan hawa dingin segar dan pemandangan yang asri.

Hari itu, di penghujung bulan Maret ... Cuter membuat acara gobar yang dibagi menjadi 2 sesi. Dengan tujuan yang sama tapi dengan rute yang berbeda. Sesi pertama berangkat Sabtu pagi, jam 8 pagi sudah lepas landas dari Alfamidi Cikeas. Mengambil rute Pasar Citeureup, Sentul City, mlipir tol yang akses masuk jalannya disamping mall sentul city. Terus melewati Kali Ciliwung, Bendungan Katulampa, Pasir Angin.


Hosting Unlimited Indonesia

Dari perempatan Pasir Angin ambil lurus, ada sebuah jalan kecil... Cikatapis. Tembusnya nanti jl. Raya Cipayung. Ini bagian perjalanan yang seru... selama beberapa kilometer kedepan jalan Raya Cipayung yang aspal hotmix mulus dan nanjak halus sampai di pertigaan Bank Mega. Dan .. Nanti pas turunnya .. asyik ... gleser .. berasa jadi orang terganteng sedunia, haghaghag !


a Bank Mega

Di Pertigaan Bank Mega ambil kanan, ... ada marka jalan yang cukup jelas menunjukan arah ke Curug panjang ...sekitar 1.8 km. Ohya.. jika lewat rute ini destinasi akhirnya adalah Curug Panjang. Untuk selanjutnya dari Curug Panjang treking jalan kaki sekitar 1 jam ke Curug Cibulao. Bisa juga digowes.

Sedangkan sesi ke-2, berangkat malamnya jam 10 malam .. dari Alfamidi Cikeas - Pasar Citeureup - Sentul - Bogor Kota - Jl. Raya Tajur - Jl. Raya Puncak - berbelok di pertigaan cilember. Nah .. sebenarnya rute ini bisa langsung akses ke Cibulao tanpa perlu transit ke Curug Panjang dulu. Hanya saja, jalannya di kilometer terakhir makadam ... menyeberangi sungai. Makadamnya tidak bisa digowes, harus TTB.


curug Orok


Paginya, berarti hari Minggu .. Setelah regrouping di camping ground Curug Panjang,  Kami ber-16 mulai treking. Curug Panjang hanya berada dibawah camping ground, tinggal ngglosor .. sampai.

Untuk mencapai Curug Cibulao, sebenarnya bisa dengan river treking .. tapi jalan berangkat kami lebih memilih melewati jalanan dan hutan. Sebuah jalan cor yang terbelah tengah, memang dibuat seperti itu sepanjang beberapa kilometer dengan sudut kemiringan yang lumayan terjal. Sebenarnya bisa digowes, tapi .. mungkin buat lain kali. Baru pulangnya Kami melewatu badan sungai.


koordinat googlemaps curug Panjang -6.646267, 106.945131

koordinat googlemaps curug Cibulao -6.645148, 106.950850




CU at Next tips ...


#‎xpdc100curug #fullgowes‬ ‪#‎7persenwarass‬ ‪#‎federal‬ ‪#‎bike2camping‬ ‪#‎cuter‬


" jika bermanfaat ... tinggalain jejak ya ..share, like, atau comment di Blog ini, Thanks ! " 


0 komentar:

Post a Comment