Damn ! It's Triple Bidon !!!

Bidon atau bottle cage adalah part sepeda yang biasanya menempel di tube frame sepeda yang berfungsi untuk meletakan botol cadangan air minum. Meskipun sudah ada tas dry bag, tapi tas yang sama fungsinya ini (buat menyimpan cadangan air minum) biasanya dipakai disepeda XC.

Sedangkan pada sepeda genre touring tetap mempertahankan bidon. Bisa dipahami, untuk touring yang menempuh jarak ratusan kilometer akan sangat melelahkan punggung jika menggendong air minum 2 liter yang beratnya setara 2 kg.

Sangar Cak ! Triple Bidon !!!

Bahkan, untuk sepeda touring aslinya jumlah bidonnya bukan 1 atau 2, tapi 3. Nah, diartikel ini yuks ah Kita bahas cara menambahkan bidon disepeda. Federal atau sepeda vintage, modifikasi sedikit agar tampak sangar seperti sepeda touring pro, dengan triple bidon !

Hosting Unlimited Indonesia

Ada beberapa cara sebenarnya, ada bottle cage yang bisa dipasang disadel, disteam, dihandlebar, dll. Tapi artikel ini akan membahas menambah bottle cage diframe dengan rivet nut. Ikhlasin ya framenya dibor untuk menempatkan rivet nutnya.

Bahan yang diperlukan :


  • Rivet Nut
  • Bottle cage
  • Baut L
  • Bor + mata bor
rivet nut

bottle cage

L Bolt
(Sumber gambar : google.com)

Prinsip Kerja


Jika pernah memperhatikan tukang alumunium merakit sebuah rack atau etalase, ada paku rivet yang merupakan salah satu komponen pentingnya. Rivet Nut yang dipakai disini, cara kerjanya hampir sama dengan paku rivet yang Saya ilustrasikan diatas.

Rivet Nut sebenarnya terdiri dari 2 bagian nut/mur. Bagian luar dan bagian dalam. Bagian luar ada ulir dengan posisi vertikal yang nantinya akan mengunci pada frame, dan bagian dalam berulir yang berfungsi mengunci ulir bagian luar ke tube/frame.


Setelah frame kita bor dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran rivet nutnya. Selanjutnya Kita akan memutar nut bagian dalam agar tertarik keatas dan mengunci nut bagian luar ke frame. Untuk lebih detailnya kita bisa lihat video berikut :


Point Perhatian


Titik krusial saat modifikasi menambah bidon diframe sepeda touring yang perlu diperhatikan ada beberapa hal. Harap perhatikan baik-baik, karena tube frame akan dibor ! Kesalahan sepele bisa membuat masalah yang menjengkelkan.

  • agar hasil bor tidak membuat cat frame baret bisa melapisi tube  dengan stiker/scotlight, atau lakban.
  • pastikan ukuran mata bor pas dengan ukuran diameter luar rivet nut.
  • agar titik pengeboran pas, bisa dimal dulu dengan bottle cage dan kemudian dibuat titik dulu memakai paku.

Sekian !


CU at Next tips ...

0 komentar:

Post a Comment