Membandingkan Frame Lady Vs Frame Cowok

Kita perjelas dulu ya, perbedaan antara frame lady dibandingkan frame cowok. Frame lady itu toptubenya miring, sejajar dengan down tube. Sedangkan frame cowok toptubenya rata air kalaupun miring sudut mirignya sedikit saja.

Analisis ini berlaku untuk sepeda turing. Bukan MTB.

Saya lama juga memakai frame lady, Federal seri Wildcat. Dengan kata lain, si wildcat itu sudah melintang buana kemana-mana. Makanya sedikit banyak Saya hafal karakternya.



Kelebihannya ada pada proses naik ke sepeda yang lebih simple, tinggal melangkahkan kaki melewati toptubenya yang motabene pendek. Berbeda dengan frame cowok yang mesti melempar kaki kebelakang melewati rack belakang.


Kelemahannya terutama saat turunan tajam, saat kecepatan tinggi dengan beban penuh terasa limbung. Apalagikalau turunan dengan jalanan rusak, yang mengharuskan bermanufer menghindari lubang. Saat posisi diam, dengan beban pannier full, coba goyangin handlebar berasa goyang banget.

 Nah, sebulan belakang ini, Saya selesai membangun sepeda vintage turing dengan dasar frame cowok, Dignity.Saya kasih nama, si eMPe ... inisial dari warnanya.. merah-putih. Kelemahan si wildcat tidak tampak, di si empe. Terasa lebih rigid dan lebih kokoh. Meski secara berat, sama- sama berat. . Karena masih hi-teen.

Frame cowok nampak gagah apalagi kalo sedang load full pannier. Tambah macho kalau dibuat leher tinggi. Macho ... Man !

Mungkin ke depan mau coba bangun lagi sepeda turing dengan frame chrmo, katanya lebih mantap ! Fullload beban tapi, beg-beg mantap buat manuver.

CU at Next tips ...


#‎xpdc100curug #fullgowes‬ ‪#‎7persenwarass‬ ‪#‎federal‬ ‪#‎bike2camping‬ ‪#‎cuter‬


" jika bermanfaat ... tinggalain jejak ya ..share, like, atau comment di Blog ini, Thanks ! " 

3 komentar:

  1. males ach koment tentang sepeda... kurang mengerti om.. :)

    ReplyDelete
  2. Inspiratif Om, bisa usul ditambah foto2 detail Dari dekat ... Jadi bisa di pahami lagi...Lanjutkan!!!

    ReplyDelete