Bike Camping Perdana Cuter

Curug Panjang, Curug Bulao, Curug Orok, dan Curug Barong ... sekali kayuh 4 curug dikoleksi. Setidaknya 4 curug masuk kedaftar portofolio gowes Saya bulan ini. Sudah berapa ya total ... halah sudahlah udah males ngitungnya. Yang jelas ... banyak !

Edisi gowes bulan Maret ini, adalah edisi perdana Cuter mengadakan gowes bike2camping. Setelah menimba ilmu, mengikuti beberapa bike camping dikomunitas sepeda yang lain. 




Ditengah cuaca yang beberapa hari belakangan yang tidak menentu dan cenderung buruk, ada rasa khawatir cuaca buruk membayangi acara bike camping, di Curug Panjang, Minggu ke-3 bulan Maret 2016.

Tapi, tidak seburuk yang dibayangkan. Timingnya pas kali ini, begitu sampai ditujuan hujan turun, sekitar maghrib. Deras dan disertai petir, Kami bergerombol di warung persis di atas Curug Panjang, ngobrol ngalor-ngidul, pesan nasi yang hanya berteman telor dadar dan cabe rawit plus kecap, berhubung laper ya habis. Ditemani susu jahe instan.




Sekitar 1 jam kemudian, hujan mulai reda... Saya melongok ke atas, ke area kemping. Mencari tempat yang cukup untuk mendirikan 3 tenda, dekat dengan sumber air tapi tidak terlalu ramai hilir-mudik orang-orang. Ealah, cuma sekitar 10 menit hujan kembali turun, deras. Akhirnya malam itu, gagal mendirikan tenda, kami menginap dihotel bulan bintang disamping warung.

Tidak banyak yang bisa dilakukan, malam-malam plus hujan. Akhirnya kami hanya memindahkan tempat tidur. Coba itu, jauh-jauh dari Bekasi cuma numpang tidur di Curug Panjang. Belum jam 9, sudah sepi ... Zzzzzzzzzzzzzzz !




Untungnya esok paginya cuacanya lebih bersahabat. Mungkin karena tidur sore, Kami bisa bangun lebih pagi. Jam 6 pagi sudah buka tenda dan menyalakan kompor, ... sarapan seadanya. Menu wajib kemping, mie instan dan segelas kopi. Matahari sudah mulai terang dan kicau burung dihutan diseberang Curug menemani sarapan ... sedap betul !

Rombongan NR datang sekitar jam 7 pagi, ada 10 orang bergabung dengan kami yang sudah menginap semalam. Langsung berbaur, ngopi bareng dan selanjutnya mulai ritual wajibnya... foto+foto.

Curug panjang letaknya tepat dibawah tempat kami kemping semalam, tinggal ngglosor kebawah sampai dah. Heheheh.. airnya sedingin es..  belum berani menceburkan diri, nanti aja ah.. di Curug Bulao.

Lanjut, masih ada beberapa curug dalam 1 aliran sungai.. lebih tepatnya bagian hulunya. Menurut Si om petugas kontrol, hehehehhe dari tadi mondar-mandir bawa ht... kontrol pengunjung yang bandel nylonong tanpa tiket... rute menuju Curug Bulao bisa ditempuh sekitar 1 jam jalan kaki. 

Sebenarnya bisa juga bawa sepeda, tapi karena ada om Arya yang menjadi sukarelawan menjaga tenda dan sepeda. Diputuskan untuk jalan kaki. Rutenya sebagian jalan beton yang menanjak curam. 



Kami mesti bayar tiket lagi untuk masuk area Curug Bulao 10 ribu per orang, tiket untuk sewa pelampung juga 10 tibu,  Oh ya.. harga yang sama juga dikenakan untuk masuk ke Curug Panjang. Kalau tiket kemping berbeda, 30 ribu per orang. Ada juga Tenda yang disewakan kalo dihitung-hitung 70 ribu perorang untuk tenda, sleeping bag dan matras, mininal 3 orang.

Curug Bulao pendek saja, ketinggiannya paling sekitar 3 meter. Tapi dibelakangnya ada Curug Ngumpet yang lebih tinggi. Berhubung Saya tidak bisa berenang Saya hanya bisa melihat curahan air bagian bawahnya. Karena untuk mencapai posisi ideal mengambil foto Curug Ngumpet musti berenang menyeberangi kolam sedalam 5 meter, hi... ngeri ! Takut ah... tenggelam. Menurut papan peringatannya kolam di Curug Bulao ada pusaran air yang bisa menyeret dan menenggelamkan orang... hadeh...!

Nah.. disini Saya akhirnya mandi, airnya super dingin. Sedingin air dibotol yang baru dikeluarkan dari kulkas di rumah... hehehehe.. segar !


Setelah sesi foke (foto keluarga) lanjut ke destinasi berikutnya sekalian arah pulang. Ada Curug Orok dan Curug Barong. FYI : hanya sama nama dengan Curug Barong yang di Leuwi Hejo. Arah rutenya menyusuri kali, atau bahasa kerennya river treking.

Tidak ada yang istimewa dengan Curug Orok dan Barong. Kami lewat rute ini hanya semata penasaran dengan river trekingnya. Memang menantang, dengan debit air yang deras,... kami musti hati-hati memilih pijakan kaki dan ditambah beberapa spot batuannya ditumbuhi lumut. Terpeleset bisa patah tulang terkilir atau hanyut.

Lebih cepat, rupanya ini adalah jalan memotong daripada rute berangkat yang melewati jalan beton. Sekitar 30 menit Kami sudah mencapai basecamp tempat mendirikan tenda. 

Lapar menyergap, dengan inisiatif dari om Bram Kami mendapat nasi, mie goreng, ikan sarden bumbu pedas. Makanan ala kadarnya dengan porsi yang seharusnya terlalu sedikit itu 16 orang yang kelaparan ini digelar diatas daun pisang dari pojokan sono. Praktis dalam hitungan menit ludes hanya menyisakan daun pisangnya doang... haghaghag.

Cukuplah buat bekal pulang sampai ditikum wajib untuk rute pulang, tongseng di rumah makan 3M Sentul. 
Mari pulang, setidaknya ada catatan bagus. Acara bike camping perdana Cuter sukses. Dan menjadi variasi agar tidak cepat bosan... !


CU at Next trip ...


#‎xpdc100curug #fullgowes‬ ‪#‎7persenwarass‬ ‪#‎federal‬ ‪#‎bike2camping‬ ‪#‎cuter‬
‪#‎picknikers‬ ‪#‎gowes4healthdotblogspotdotcom‬

" jika bermanfaat ... tinggalain jejak ya ..share, like, atau comment di Blog ini, Thanks ! " 


Hosting Unlimited Indonesia


1 komentar: