TIPS : Jurus Rahasia Melewati Tanjakan Ngehe Tanpa TTB

Kali kedua gowes ke rute Gunung Pancar keatas lagi, arah ke Leuwi Hejo ... sebelumnya belok kanan di Curug Kencana atau nama lengkapnya Curug Puteri Kencana, Saya tidak begitu ingat detail rutenya.

Dan ternyata tanjakannya ... hmmm ... NGEHE... meskipun tidak sepanjang Curug Ciherang, tapi ... elevasinya lumayan tinggi.

Saya mencatat ada 3 yang parah ... tanjakan warung 1, warung 2, dan tanjakan setelah jembatan. Beruntung Saya berada di timing yang pas, dibelakang om Wewe TMB.



Saya penasaran dengan beliau, di Ciherang om Wewe TMB sejam lebih dulu finish didepan Saya. Nah ... ternyata terbongkar jurus rahasianya.


Pertama, Ritme



Felling, maksudnya harus merasakan setiap gowesan. Jika dengkul dan paha serta betis udah mulai menegang turunkan power. Nafas juga ... jaga agar tidak habis.

Ritmenya adalah menjaga kaki tetap gowes dan lupakan kecepatan, boleh dibilang sepeda hanya merayap. Jaga terus jangan sampai kaki turun ketanah.


Kedua, Patient



Musti sabar, kalau nafsu ... pasti habis dan break atau TTB atau bisa parah ... kram. Jangan pikirkan waktu ... gowes aja terus .. pelan-pelan sabar ... bertahan diposisi ritme gowes paling relaks.


Ketiga, Balancing



Ingat ya.. sepeda cuma merayap, mungkin kalah cepat dengan orang berjalan. Akan menyebabkan sepeda kurang seimbang. Yang harus dilakukan adalah menjaga keseimbangan agar sepeda tidak roboh.

Kalau aman atau jalanan sepi boleh ambil gowes zigzag untuk lebih seimbang.

Hosting Unlimited Indonesia

Beruntung goweser yang mulai howes dari muda.. yang notabene fisik lebih mudah dilatih. Atau secara fisik udah bagus karena rajin olahraga, tinggal belajar teknik bersepeda saja.

Jika tidak punya kriteria diatas, masih ada harapan menjadi goweser tangguh. Adal mau openmind dan belajar. Teorinya cukup spt yg ditulis diatas, sisanya adalah praktis.. Praktek maksudnya.

Prakteknya, untuk melatih fisik harus rajin-rajin gowes dan cari tanjakan. Karena kalo udah jago nanjak.. jalan lurus pasti wuswuswus..

Untuk skill, goweslah bareng goweser yang jago nanjak, tempel terus dan perhatikan ritme gowesnya... ikuti ritme gowesnya.

Karena, kalau fisik dan teknik bagus, pasti gowesnya lebih enjoy ... trip mau sejauh apapun atau nanjak bagaimanapun akan tetap menyenangkan..

Selamat mencoba.. dan awalny ... openmind ... jangan malu belajar...!


0 komentar:

Post a Comment