DIY : Charger Solar Panel V2.0

Pada percobaan pertama membuat charger tenaga surya (solar panel) terdapat keanehan. Indikator di powerbank sudah 100% alias penuh, tapi hanya dipakai sebentar langsung turun drastis isi daya dipowerbank. Seperti ada kesalahan membaca input daya yang masuk, mungkin bisa terjadi karena arus listrik saat proses pengisian daya ke powerbank naik turun.

Hosting Unlimited Indonesia

Turun naik daya sangat dipengaruhi oleh intensitas cahaya matahari. Jika mendung atau terhalang sesuatu maka daya menjadi lebih rendah. Saya mulai hunting komponen penyetabil arus, dan setelah blusukan sono-sini akhirnya... dapat .. yes.

Alat kecil ini sudah berbentuk kits, input tegangan 0.9v -5v yang kemudian distabilkan outputnya menjadi 5v. Dalam percobaan kedua Saya, rangkaian 2 solar panel masing- masing 3v 300mah .. jadi menghasilkan input 3v 600 mah.


Testing


sudah 5 kali Saya test dengan hasil :

  • Test pertama, dipakai langsung charge HP LG L7, hasil : "Proses charger berlangsung perlahan, karena input daya yang lemah".
  • Test kedua, dipakai charger HP Asus Z5, proses berlangsung normal kecuali jika panel suryanya dihalangi akan langsung berhenti proses chargingnya.
  • Test ketiga, charge powerbank V-Gen 10000 Mah, sampai indikator mencapai 75% dan powerbank ini dipakai untuk charger hp, .. normal baterei hp 100%, daya powerbank berkurang sekitar 15% ... indikasi positif
  • Test keempat, dipakai charging powerbank V-Gen 10000 Mah dalam trip ke Curug Kencana. Meskipun terguncang-guncang selama perjalanan proses charger tidak masalah.
  • Test kelima, dipakai charging powerbank V-Gen 10000 Mah dalam trip ke Ciherang, .. aman dan sorenya dipakai untuk charger hp Asus Z5 .. normal.
Bisa diambil kesimpulan, project membuat charger tenaga surya sukses. Tinggal memikirkan bentuk casing dan penempatan disepeda. Tapi karena ini dipakai sendiri tidak terlalu penting, dengan diletakan ditas transparan tas HB Sulep sudah aman.


Untuk yang sering berlama-lama diluar dan susah mengakses sumber listrik, charger tenaga surya ini menjadi alat pelengkap yang akan menjamin perasaan tenang, tak perlu takut lagi hp atau gadget lowbat. Khususnya yang sering gowes jarak jauh, tetap bisa narsis dan eksis di sosmed, ... haghaghag !

CU at Next tips ...


#‎xpdc100curug #fullgowes‬ ‪#‎7persenwarass‬ ‪#‎federal‬ ‪#‎bike2camping‬ ‪#‎cuter‬

" jika bermanfaat ... tinggalain jejak ya ..share, like, atau comment di Blog ini, Thanks ! " 

0 komentar:

Post a Comment