4 Km Terakhir Rute Curug Ciherang

Tanjakan Ngehe yang satu ini memang selalu menjadi cerita seru buat para tanjakers. Selalu menjadi cerita penasaran buat pernah gowes kemari. Saya sendiri sudah 4 kali melewati rute ini.

Oya, FYI 4 km rute Curug Ciherang merupakan salah satu rute alternatif ke Cianjur via Jonggol - Sukamakmur - Puncak 2 - Kota Bunga - Cipanas - Jl. Raya Puncak. Bagian 4 km yang Saya maksud adalah dari Pertigaan Gunung Batu sampai Puncak 2 atau biasa disebut penduduk setempat Pinus.

Merupakan rangkaian tanjakan sepanjang "hanya" 4 km, ada tanjakan BTS, tanjakan Vila, dan tanjakan Tembok Ratapan. Semuanya ngehe, sudut kemiringannya ekstrim. Banyak cerita mobil yang mundur lagi disini, apalagi buat dengkul,... yang pasti ngebul.


GAME NO BREAK


Siang itu, dikesempatan ke-4 Saya melintasi rute 4 km terakhir rute  Ciherang, Saya memotivasi diri dengan membuat game NO BREAK. Targetnya, mulai dari pertigaan Gn. Batu sampai Puncak 2 tidak boleh break. Kaki tidak boleh turun ke aspal. Tidak boleh lepas dari pedal.

Start, yang dilewati pertama adalah tanjakan BTS, tandanya ada tower BTS GSM disebelah kiri jalan, sukses. Sampai memasuki tanjakan ngehe ke-2, tanjakan Vila. Setelah mushola di kanan jalan yang bercat putih dan berkusen hijau akan menjumpai bangunan vila 2 lantai dibelokan disebelah kanan jalan.

Tanjakan ini yang paling ngehe dan panjang. Disini Saya menyerah, "kok digowes terasa berat banget,.. ya!" Jantung sudah kencang banget memacu nafas sudah tersengal. Akhirnya break, rupanya kesalahan teknis. Di shifter menunjukan gear belakang di angka 1 tapi rantai disprocket masih digear 2, hadeh pantesan.

Ini yang memang masih bermasalah di MTB Pacific yang Saya pakai, terakhir sudah diupgrade RD ke TX yang holder ke anting RD lebih panjang tapi ternyata masih nyangkut kalau pindah ke megarank.

Gagal dikesempatan pertama, tapi kalau TTB sih sudah lupa. Dan memang tidak bisa dibohongi, untun tanjakan ngehe nan panjang ... bagaimanapun berat sepeda sangat signifikan pengaruhnya. Pada 3 kesempatan sebelumnya dirute yang sama Saya pakai Federal, susah payah. Tapi dengan MTB berasa lebih ringan.

Lebih terasa ringan dibuktikan sengan catatan waktu yang lebih cepat. Untuk 4 km tetakhir itu dikesempatan ke-4 dengan MTB kurang dari 1 jam.

0 komentar:

Post a Comment