Rute Untuk Melatih Tanjakan

Kampung Tanjakan Gombong adalah sebuah kampung di desa Sukaresmi masuk dalam Kecamatan Sukamakmur, Bogor. Asli ada yang sangat unik, nama kampungnya sama dengan rute jalannya yang dipenuhi tanjakan-tanjakan tajam.

Meskipun tidak terlalu panjang tapi menurut Saya rute ini cocok buat berlatih kemampuan dengkul dan nafas untuk menanjak.

Rute ini bisa ditempuh dari Bekasi via Cibucil, Alun-alun Jonggol, ambil pertigaan di Ceriamart yang arah ke Sukamakmur, terus nanti setelah Pasar Dayeuh sekitar 100 meter ambil kiri masuk gang.


Gang ini akan  menuju jembatan bambu Kali Cipamingkis. Menyeberangi jembatan ini akan masuk jalanan makadam, aspal rusak yang menyisakan bebatuan.

Dan ini yang seru, dari selepas jembatan Kali Cipamingkis Kita diajak mendaki bukit sampai berakhir di Kp. Tanjakan Gombong. Sekitar 1 sampai 1.5 km.

Tanjakannya tajam mirip-mirip tanjakan Ciherang hanya agak pendek, kalau kata Om Wewe ... tanjakan Ciherang kw 2.

Gowes sepeda dijalanan aspal rusak menjadi pengalaman berbeda. Jika sebelumnya Saya pernah mencoba rute tanjakan S di Cigeuntis yang berupa jalan cor baru, tanjakan sepanjang 5 km berupa aspal bagus di Ciherang, dan tanjakan tanah di Garunggang.

 Gowes ditanjakan dengan karakteristik jalan bebatuan memerlukan keseimbangan yang lebih stabil. Sesekali ban depan melindas batu-batu lepas membuat arah kemudi melenceng dan perlu menyeimbangkan kembali sepeda kalau tidak berhasil, harus turun.



Atau jika ban belakang yang slip, spin ditempat karena meleset saat melindas batu. Perlu segera sigap menyeimbangkan kembali posisi sepeda.

Tanjakan-tanjakan akan berakhir dipertigaan jalan antara Cigekbrong yang menuju Gunung Baru. Selanjutnya turunan panjang.

Betulkan setelah tanjakan panjang pasti turunan panjang.


CU at Next trip ...


#‎xpdc100curug #fullgowes‬ ‪#‎7persenwarass‬ ‪#‎federal‬ ‪#‎bike2camping‬ ‪#‎cuter‬
 ‪#‎picknikers‬ ‪#‎gowes4healthdotblogspotdotcom‬

" jika bermanfaat ... tinggalain jejak ya ..share, like, atau comment di Blog ini, Thanks ! " 

0 komentar:

Post a Comment