Curug Ke-18 : Curug Pengantin, Cantik dan Liar

Hanya kisaran 100 meter dari Curug Lalay, masih dalam aliran hulu Sungai Ciomas ada Curug Pengantin. Si cantik tapi liar. "Hanya" 100 meter tapi rute yang musti dilalui mendaki bukit terjal, ada satu sisi pendakian nyaris vertikal, sekitar 10 meter harus dilalui dengan merambat diantara akar pohon dan seutas tali.


Dinamakan Curug Pengantin mungkin karena curug kembar berdampingan seperti sepasang pengantin dipelaminan. Ketinggiannya lebih dari 40 meter. Masih bisa didaki menuju curug diatasnya, tapi hanya sampai tingkat kedua. Keatasnya lagi tidak ada akses jalan.

Masih sedikit yang pernah kesini, penyebabnya karena akses jalan yang mengharuskan dengan jalan kaki dari dam Ciomas sekitar 2 jam. Tidak ada pilihan mode transportasi lain apapun selain jalan kaki.


Tidak ada fasilitas apapun disekitar lokasi kecuali sebuah warung yang menjual kopi, mie instan dan minuman hangat lainnya. Jadi, sebaiknya jika berniat berkunjung kecurug ini lebih baik bawa bekal, terutama air minum.

Waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi ini adalah musim kemarau, meskipun debit airnya kecil tapi lebih aman. Mengingat sebagian trek yang dilewati menyusuri aliran Sungai Ciomas.


Datanglah lebih pagi, seperti perjalanan Saya kemarin. Bersama rombongan cuter berjumlah 7 orang, Kami sudah start dari Dam Ciomas jam 7 pagi. 

Disamping kondisi pagi dengan sinar matahari yang lebih ramah, juga kondisi cuaca diawal-awal musim hujan yang bisa sewaktu-waktu hujan. Setidaknya Kami masih mempunyai cadangan waktu jika cuaca memburuk.

Sekitar jam 9 kami sampai di curug ini, masih banyak waktu yang bisa dihabiskan. Puas banget ...

Ini adalah hulu sungai yang masih orisinil, Anda bisa langsung meminum airnya. Tapi carilah air dari tetesan didinding bukit, bukan dari air curug. Seperti itu sedikit ilmu survival yang diajarkan guide yang Kami sewa.

Betul juga sih, diujung sana sudah tidak ada lagi peradaban, yang berarti tidak ada pencemaran air.

Ini adalah surga tersembunyi ditengah kepungan perkotaan yang tidak terlalu jauh. Jika Anda berniat kemari, jangan lupa ... tetap jaga kelestariannya dengan tidak memakai produk kimia seperti sabun atau shampoo. Dan jangan lupa bawa kembali sampah Anda !

CU at Next Trip ...





3 komentar:

  1. curugnya indah dan unik .... jarang2 curug bertingkat seperti ini.
    tapi perjuangan kesana berat banget ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gowesnya tidak terlalu.. cuma 50km atau sekitar 3 jam dr bekasi. Yg berat itu jalan kakinya.. zekitar 2 jam.. untuk mencapai curug pengantinnya treknya terjal..kl sampai lalay masih bersahabat menyusuri pematang sawah dan kali..

      Delete
    2. Kalo gowesnya tidak terlalu.. cuma 50km atau sekitar 3 jam dr bekasi. Yg berat itu jalan kakinya.. zekitar 2 jam.. untuk mencapai curug pengantinnya treknya terjal..kl sampai lalay masih bersahabat menyusuri pematang sawah dan kali..

      Delete