Bisa Karena Kepepet

Pernah dengar cerita orang-orang banyak, katanya kalo lagi dikejar anjing, pagar 3 meter juga bisa diloncati. Cuma "mesem" aja dengernya, tapi ... kemarin Saya membuktikan .. omongan itu ternyata ada benarnya.

Cerita ini adalah cerita nyata, bukan isapan jempol. Pengalaman hampir kehabisan duit dijalan pulang dari tdp#7. Sedangkan kondisi perjalanan masih sekitar 400 km dari rumah, duit tinggal selembar 100 ribuan.


Bagian yang serunya adalah gowes dari Pameeungpeuk, Garut ke rumah di Bekasi yang berjarak sekitar 250 km. Ditempuh dalam 20 jam lebih, praktis istirahat hanya sekedar minum dan makan. Selebihnya gowes diatas sadel. 

Kalau lihat dipeta, nyaris membelah pulau Jawa dibagian tengahnya. Gowes dimulai dari Pameungpeuk selepas subuh pitsop pertama adalah Garut, rutenya melewati Bayongbong 84 km. Yang ajaib rute ini adalah mendaki bukit-bukti disekitar Gunung Cikuray, elevasinya lebih dari 1000 meter. Ajaibnya disini dengkul asyika aja diajak gowes.



Sebelum azan Dhuhur Saya sudah mencapai terminal Guntur, Garut Kota. Makan siang nasi rames didepan terminal, sambil memperhatikan bus-bus AKAP, hehehehhe.. nyari loadingan. Duit sebenarnya masih cukup. Sampai ke Bekasi plus sepeda kisaran 60 ribu, duit dikantong masih 80 ribu lebih.

Tapi ternyata ada bus masih lama, sekitar jam 3 sore. Akhirnya membulatkan tekad lanjut gowes sampai Bandung, Sekitar 48 km. Perkiraan bisa sampai sekitar jam 3 atau jam 4. Baru disana nanti cari bus buat loading.



Rute Garut - Bandung via lingkar luar Nagrek, sekitar 48 km. Sampai di Nagrek diguyur hujan lebat. Asyik, ... gowes sambil hujan-hujanan itu paling seru. Dengkul jadi lebih adem .. haghaghag. Sampai di Cimahi kisaran jam 4.

Cape ya ternyata gowes dari arah Nagrek menuju Cimahi via Rancaekek, Cibiru ... cape antri dilampu merah. Cape dan buang-buang waktu, ada 7,8,9 atau 10 lampu merah disepanjang jalan yang lurus terus itu, ga yakin juga jumlah pastinya .. yang jelas banyak banget.



Lanjut dari Cimahi arah Padalarang masih dalam kondisi gowes diguyur hujan. Menjelang maghrib sampai di Cipatat terus ke Rajamandala. Disini Saya break karena rem depan patah dibagian springnya. Nah .. disini baru nyadar ternyata Saya sudah masuk Cianjur. Padahal rencana awal lewat Purwakarta, ya sudahlah .. tanggung lanjut ... ! Lupa kalau mau loading di Bandung ! Haghaghag !

Dipertigaan .. hmm tapi Saya sampai sekarang belum tahu namanya, ada plang marka jalan menunjukan Saya harus belok kanan ke Jonggol. Saat itu sekitar jam 7 malam. Saya lanjut terus .. mulai memasuki area yang sepi dan jarang rumah, hanya warung-warung yang sebagian besar tutup.

Terus, gowes terus sampai gempor .. hagahghag .. masuk Cikundul .. nanjak bro, panjang dan ga abis-abis ada kali ya 20 km malah lebih sampai Pinus, baru setelah itu turun sampai Cariu.

Sampai disini sudah tidak ada nafsu buat foto-foto, lagian sudah malam. Jonggol terus Cileungsi, aman Saya kenal baik daerah ini. Sekitar menjelang jam 2 malam. Benar dah Tanjakan sekitar Cikalong Kulon itu makan waktu dan tenaga.

Jam 2.30 dini hari, .. Saya sampai rumah .. lega ..! Nyaris tidak percaya, Saya gowes membelah pulau Jawa dibagian yang terlebar .. 248 km dalam waktu sekitar 20 jam, nyaris tanpa istirahat.. hufff! Kalo suruh ngulang lagi kayaknya ga bakalan mampu .. namanya juga orang kepepet. Sampai dirumah uang masih sisa 20 ribu 400 perak !

Almost unbeliefable ..!


CU at Next Artikel ...


#‎xpdc100curug #fullgowes‬ ‪#‎7persenwarass‬ ‪#‎federal‬ ‪#‎bike2camping‬ ‪#‎cuter‬

 ‪#‎picknikers‬ ‪#‎gowes4healthdotblogspotdotcom‬

" jika bermanfaat ... tinggalain jejak ya ..share, like, atau comment di Blog ini, Thanks ! " 



5 komentar:

  1. Yang pasti ini pengalaman yang gak bakalan bisa di lupakan seumur hidup ya gan...pengalaman yang luar biasa dengan penuh perjuangan hingga samai tujuan yang di cita-citakan...

    ReplyDelete
  2. sadel brooks ya om, benar nyaman sesuai harganya kah?

    ReplyDelete
  3. ga juga om .. sy lebih suka model mtb yg runcing..

    ReplyDelete
  4. gile benerrr ...
    kalau sudah kefefet .... jadi muncul tenaga dalam-nya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa ya.. sampe sekarang masih susah percaya..

      Delete