Batu Karas, Teluk 34 km dari Pantai Pangandaran

Seperti mengulang kembali kisah-kisah diawal tahun 2000-an. Saat masih sering backpackeran sendirian ke pantai atau ke gunung. Hari ini, Saya mengulang. Selesai acara TDP#7 ngebolang sekitar pesisir Pangandaran.

Meskipun "racun"nya bekerja semalam, Saya berhasil membujuk teman Pickniker's dan Cuter untuk melanjutkan perjalanan tapi hanya sampai GreenCanyon saja.

Tapi klimaksnya acara TDP#7 justru disana, ketika "gila-gilaan" sampai lupa hutang. Rafting di GreenCanyon.

Sekitar jam 1 siang, kelar dari GreenCanyon.. Kami berpisah. 8 orang lainnya langsung pulang ke Bekasi. Dan Saya belum niat buat pulang. Pantai Batu Karas berjarak sekitar 8 km dari Green Canyon.


Sempat nyasar, dari Green Canyon Saya malah ambil arah kembali ke Pangandaran. Seharusnya ke arah Kanan ambil arah Cimekar.

Batu Karas merupakan teluk yang menghadap ke Samudera Indonesia. Ombak lebih tenang karena terlindung tanjung yang menjorok ke laut. Disini bisa berenang dengan aman.

Tapi harus dipantai yang untuk berenang yang letaknya diujung jalan dan ada tulisan besar BATU KARAS. Jika ambil kiri dari pertigaan saat datang dari arah Green Canyon, jalan itu akan membawa ke pantai mangrove.


Hari kedua di Batu Karas, hmmm.. pantai ini memiliki karakter pantai selatan. Sebagian Berpasir disela bebukitan dan karang. Jika kebetulan pagi hari berada disini bergeserlah kearah timur. Diujung jalan aspal ada pantai dengan view matahari terbit nan keren.


Padahal ini hari Senin, tapi sudah banyak wisatawan domestik yang berenang dipantai. Bahkan ada yang sudah tiba dari jam 3 malam.

Ketika Saya bermalam dimushola dan ditegur oleh keamanan area ini, Kang Ayi.. yang akhirnya ngobrol ngalor-ngidul lumayan lama. Datang rombongan pertama sebuah MPV, nampaknya sekeluarga.

Dan sekarang, belum genap jam 6 .. sudah nampak semarak. Sebagian hanya duduk-duduk, ada yang berenang, ada yang bermain selancar. Sementara Bapak-bapak disaung Saya berteduh mulai bersiap merapikan papan seluncur dan ban.


Setelah ini, Saya ingin menyambangi Pantai Mangrove, yang menurut si teteh diwarung semalam sekitar 15 menit naik motor.

CU at Next Trip

2 komentar:

  1. asyikknya ngebolang di pangandaran ... apalagi pakai paket komplit .. rafting di green canyon ... top dah ...
    btw .. mampir ga ke rumah bu menteri ... siapa tahu dapat sangu ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bu menterinya lagi berduka,.. kmrn nguping yg lagi pada ngrumpi di mangrove batukaras katanya anaknya bu susi meninggal.. yg cowok .. namanya ilham atau siapa .. gitu...

      Delete