Musim Hujan, Pasang Fender yuks !

Kalo pasang fender bukan terus juga dibilang "gowes kok takut kotor" ... haghaghag ! Gak enak banget kan kalo lagi seru-serunya gowes trus tiba-tiba nyiprat air ke muka !

Itulah fungsinya fender, mug guard, slebor atau apalah nama sebutannya. Melindungi beberapa bagian sepeda atau pesepedanya dari cipratan air kotor.


Fender juga bukan monopoli tipe sepeda turing atau MTB vintage, di MTB kekinian juga ada beberapa tipe fender. Biasanya bisa dipasang didown tube, fork depan, seat post, atau di sadel.

Sesuaikan saja dengan estetika dan fungsinya. Kalo fender didown tube dan fork berfungsi untuk menahan cipratan air ke badan dan muka.

Kalo fender belakang berfungsi menahan cipratan air ke jersey atau bagian punggung. Fender MTB kekinian biasanya terbuat dari bahan plastik.

Disepeda turing, fendernya biasanya terbuat dari bahan logam, sejenis alumunium meskipun ada juga yang berbahan plastik. Bentuknya lebih panjang dan setengah lingkaran mengikuti lengkung sepeda.


Secara fungsi sama saja dengan fender MTB kekinian, untuk menahan cipratan air. Hanya kalau disepeda turing, fender bisa dijadikan ajang menempel stiker komunitas atau stiker event yang pernah diikuti.



Bisa juga ditambahkan kepet atau flap difender sepeda turing. Terkadang dengan panjang fender yang ada dipasaran air disertai pasir halus masih terbawa ke atas. 

Terutama yang bagian belakang, airnya memercik ke sepeda dibelakang kita. Flap atau kepet bisa menjadi solusi agar cipratan air tidak naik.

Masuk musim hujan, yuk pasang fendernya ...!

CU at Next Artikel ..


0 komentar:

Post a Comment