Liburan Ala Backpacker di Pantai Citeureup

Masih segaris pantai dengan Tanjung Lesung, ada sebuah pantai yang letaknya di Desa Citeureup Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang Jawa Barat, pantai yang nyaman buat sekedar hang out atau kemping.

Suasananya adem sepanjang hari, dinaungi jejeran pohon kelapa yang meredam terik sinar matahari siang. Betah berlama-lama menikmati view gunung Krakatau dikejauhan.


Letak pastinya dikoordinat googlemaps -6.525755,105.701213. Sangat strategis, dipinggir jalan raya yang menghubungkan Panimbang ke Tanjung Lesung.

Saya ga yakin nama pantai ini namai saja Pantai Citeureup seprti nama desanya, terkesan masih liar dan tanahnya milik orang kota yang belum dipagari. Untuk masuk kesana hanya perlu jajan diwarung dan bayar uang parkir yang dikoordinir oleh ormas pemuda setempat.

Untuk parkir mobil 20 ribu, dengan fasilitas warung yang menyajikan ikan bakar, kelapa muda, dagangan kelontong, ada juga ayam bakar dengan harga yang masih masuk akal. Untuk ayam bakarnya 15ribu per potong sudah termasuk nasi dan kelapa muda 10 ribu per butir.Murahlah untuk ukuran tempat wisata. 


Fasilitas MCK masih kurang tertata, tapi akses air bersih melimpah. Ada sebuah sumur tua yang menurut penduduk .. sumur ini sudah ada sejak tahun 1965 dan belum pernah kering.

Sumur ini dijadikan sumber mata air utama, jika musim kemarau sumur disekitar kering. Penduduk sekitar menjadikan sumur ini sebagai sumber mata air. 

Yang menakjubkan, sumurnya terletak sangat dekat dengan pantai, ga sampai 20 meter. Tapi airnya jernih dan segar, tidak ada rasa payau seperti layaknya sumber air dekat pantai.

Untuk akses ke toilet bisa mengandalkan mushola yang letaknya sekitar 100 meter dari lokasi pantai atau pom bensin, sekitar 1 km arah pasar panimbang.


Saya bersama 16 orang beserta sepedanya dari komunitas sepeda Bikepe'a Indonesia dan bintang tamu satu keluarga dengan Livina bayar 30 ribu sebagai ongkos kemping semalam disini.

Jika dibandingkan dengan benefit berupa pemandangan laut yang indah, tempat kemping yang adem sepanjang hari, akses ke air bersih yang tak perlu bayar lagi, sunset dan sunrise juga dapat, makanan yang terjangkau, ckckckckc ...! Menang banyak.


So, jika Anda ingin liburan tapi budget terbatas.. Anda bisa menjadikan pantai Citeureup ini sebagai pilihan utama. Akses dari Jakarta keluar di tol Serang, menuju Labuhan, dari Labuhan terus ke selatan menuju Tanjung Lesung. 

Nanti akan melintasi Pasar Panimbang, dari situ tidak jauh lagi sekitar 7 km sign kanan dilokasi gps googlemaps yang Saya tulis diatas tadi.


Hmmm .. boleh juga kapan-kapan bawa keluarga pakai si Timor kemari. Kemping dimalam minggu, minggu pagi pulang ke Bekasi. Biaya terbesar untuk tiket tol dan bensin.

Satu orang tidur dihammock, tenda untuk 2 orang, dan dimobil 2 orang. Pas ...! Lebih hemat jika masak sendiri dan bawa bekal jajanan dari minimart. Disana tinggal bayar biaya parkir 20 ribu untuk 1 mobil beserta orangnya.


Koordinat Pantai Citeureup digooglemaps .. -6.525755,105.701213.

Liburan ... ga musti mahal kan ?

CU at Next Trip ...







0 komentar:

Post a Comment