Makadam Ngehe

Ternyata selain tanjakan yang terkenal ngehe, ada juga loh rute mcadam (baca makadam) ngehe, adanya dirute menuju Bumi Perkemahan Sukamantri, Bogor. Rute penutup yang ngeselin banget, terbentang sepanjang 6 km dari pertigaan Jl. Kebon Jati menuju Bumi Perkemahan Sukamantri, sekitar 5 km adalah jalanan berbatu kasar. 

Sulit Sekali digowes, batu-batu lepasnya melejit-lejit digrip ban sepeda. Semakin keatas semakin parah, komposisi batunya makin besar-besar. Akhirnya .. untuk melewati rute ini kebanyakan TTB-nya.



Ditambah saat melewatinya tengah malam, ya beneran tengah malam. Dari jam 12 tengah malam sampai di lokasi Bumi Perkemahan Sukamantri sekitar jam 2 dini hari. Melewati hutan pinus, aroma yang tercium macem-macem .. dari wangi kenanga, melati, sedap malam. sampai ee kambing. Hi ...

Rute sepanjang 6 km dengan tanjakan halus yang harusnya ... jika jalanan mulus digowes cukup setengah jam, ini bisa sampai 2 jam TTB, .. Makadam ngehe, seakan ga ada ujungnya, melewati lorong-lorong gelap di hutan pinus hanya dibantu cahaya dari senter.

Ternyata pulangnya pun tidak lebih mudah, yang notabene turunan dan siang hari .. Kami melintas pulang sekitar jam 2 siang. Dengan gembolan dinaikin cukup menyiksa pantat dan lengan tangan, kebas. Bahkan Saya sempat terjungkal, paha terkena pedal, memar!

Baru ketahuan dirumah, setelah Saya cuci sepeda ternyata QR as hub roda depan lepas, pantesan aja ada bunyi kiyet-kiyet saat jalan pulang. Untung saja itu roda tidak lepas !

Tapi setidaknya, nambah pengalaman .. melintasi jalanan makadam sepanjang 6 km dengan gembolan .. ngeselin !

See ya at Next Trip ...

#‎xpdc100curug 
#fullgowes‬ 
‪#‎federal‬
‪#‎bike2camping‬ 
‪#‎cuter‬ 
‪#‎picknikers‬
‪#‎gowes4healthdotblogspotdotcom‬

" jika bermanfaat ... tinggalain jejak ya ..share, like, atau comment di Blog ini, Thanks ! "


2 komentar:

  1. jalanan makadam ini memang tantangannya kalau ke sukamantri ..
    duu waktu kesini ga bawa gembolan aja susah payah ... apalagi kalau bawa gembolan ... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat naik di makadam ke sukamantri malam, tengah malam sekitar jam 1-an.. hanya senter disep-eda sy yang terang. jadi kami berem-pat berbagi senter .. haghaghag .. ful ttb kurang lebih 2 jam ..

      Delete