Gowes Ramah Teknologi

Zaman sekarang, teknologi sudah demikian canggihnya. Kalau dulu untuk penuntun arah harus punya alat khusus, GPS Tracker. Sekarang sudah menyatu semua dismartphone. Tentunya smartphonenya harus yang sudah support GPS, RAM yang mencukupi, Memory external yang lega.

Demikian juga dengan kamera, kamera digital malah kalah fitur. JX650 (Fujifilm) kalah bagus hasil jepretannya dengan Asus Z-5.


Nah sekarang, mari kita berkenalan dan menelisik lebih jauh dengan beberapa fitur dismartphone dan beberapa aplikasi yang akan sangat membantu untuk gowes.

  • Strava

Yang pertama adalah aplikasi untuk merecord rute trip yang kita tempuh. Strava, sebenarnya masih ada endomondo juga, sejenis. Berguna untuk merekam rute yang bisa kita share ke pengguna lain.

Terus ada Catatan mengenai jarak tempuh, durasi tempuh, kalori yang terbakar, dll.

  • GoogleMaps

Ini adalah aplikasi pembunuh GPS Tracker, dengan tingkat akurasi yang bisa diandalkan Anda tidak perlu takut tersesat lagi. Tinggal search tempat destinasi, Googlemaps akan menggelar peta dengan point yang bergerak sesuai dengan gerakan Anda.

Sekarang tersedia juga fitur offline. Akan berguna jika signal GSM tidak menjangkau lokasi tertentu. Tapi fiturnya tidak selengkap online. Hanya menyajikan peta dengan petunjuk rute, tanpa detail petunjuk arah.

Tapi, secanggih-canggihnya teknologi, gps juga punya kekurangan. Jika masih bingung Anda bisa memakai GPM, alias nanya pakai mulut. Haghaghag ...!

  • Kamera

Kelebihan kamera handphone disamping resolusi sudah semakin besar, .. sudah diatas 10 MP. Juga software pendukung yang realtime, artinya ketika akan mengambil gambar bisa diatur mode menyesuaikan kondisi.

Dan juga setelah mengambil gambar bisa langsung diedit, crop, warna, dan seabreg mode lain yang kadang bisa bikin bingung.

Belum kalau ditambahkan aplikasi vendor ketiga macam Instagram atau 360. Hasil jepretan bisa menjadi sangat indah, melebihi jepretan kamera digital.

Itu yang Saya rasa wajib dimiliki dan setiap goweser harus menguasai. Disamping buat keren-kerenan, buat narsis, juga memudahkan diperjalanan.

Tapi tentunya harus didukung oleh spek smartphone yang mumpuni dan jaringan GSM  yang bisa diandalkan. Yah, setidaknya smartphone yang RAM 2 GB dan operator selular telkomsel atau indosat atau XL yang sebaran signalnya sudah merata.

CU at Next Tips...





0 komentar:

Post a Comment