Curug Ke-14 : Curug Cigeuntis Karawang

Hari itu, Minggu masih pagi sekitar jam lima ... Saya sudah mulai memasuki kilometer terakhir menuju destinasi gobar NR bareng Cuter. Curug Cigeuntis, yang terletak di Desa Mekar Buana Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Karawang.

Merdu suara burung yang terdengar ditelinga Saya, Ci.. gentis .. ci gentis .. ci gentis .. tis-tis-tis-tis-tis, hehehhehe .. tapi bener loh kalo disimak baik-baik suaranya seperti itu. Suara datang dari rimbunan pohon atau lebih tepatnya hutan dilereng gunung Sanggabuana yang terletak disebelah kanan jalan.

keren dah pokoknya ..

Jalanan masih mulus berupa cor yang tampaknya masih baru selepas tanjakan S, melintasi deretan rumah-rumah terakhir sebelum memasuki kawasan wisata Curug Cigeuntis. Oh ya.. FYI tanjakan S adalah tanjakan ngehe di rute ke Curug Cigeuntis yang berbentuk huruf S. Nanjak .. belok .. nah setelah belokan nanjak lagi lebih terjal .. haghaghag !

Sukses .. semua tanjakan di rute Curug Cigeuntis dilibas tanpa TTB, termasuk tanjakan S dan tanjakan terakhir sebelum pasar Cibarusah arah pulang.

ritual foto keluarga

Trip Curug Cigeuntis yang memakai format NR (Night Ride) untuk perjalanan berangkat, diadakan tanggal 5-6 Desember 2015 memecahkan rekor. Rekor untuk peserta terbanyak selama Curug Hunter mengadakan event. 30 orang, mereka adalah om Doods, om Tri, om Heroe, om Wowor, om Sunita, om Jarode, om Ade, om Kevin, om Kavia, om April, Abah Basuki, om DjaRot, om Pras, Saya, om Nana, om Edis, om Tantowie, om Aleq, om Wewe, om Rajab, om Udin, om Didie, om Toto, om Tyo, om Adam, om Risna, om Arya, om Choir, om Agus, dan 2 orang lainnya dari Karawang .. lupa namanya.

Rekor kedua yang dipecahkan adalah rekor pengguna Federal dan sepeda MTB vintage terbanyak, ada 11 orang. Ada om Nana (Heavy tools), om Doods (Fed Streetcat) om Pras (Fed Monaco), om Tyo (Fed Straycat), om Heroe (Fed Cerini), om Sunita (Federal) om Tantowie (Federal), om Aleq (Federal), om Didie (Federal) dan Saya pakai Wildcat.

kehangatan diawal pagi, ngobrol sambil sarapan bubur kacang ijo

Dulu diawal gobar Cuter hanya Saya yang pake MTB jadul, terus bergabung om Doods, akhirnya virusnya menjalar kemana-mana. Kesan yang didapat menurut om Tyo adalah enak banget gowes nanjak pakai Federal, Haghaghag !

Menjelang pukul 6 pagi, Saya dan gerombolan begundal Cuter sudah memasuki batas terakhir sepeda bisa digowes. Masih ada sekitar 1 km sebelum gerbang Curug Cigeuntis berupa jalanan makadam yang rusak parah, praktis semua TTB. 

trio pickniker's

Tiket masuk 10 ribu perorang, ups .. ada tips jika datang berombongan cobalah negosiasi harga. Minta diskon .. biasanya dikasih diskon lumayan untuk sekedar sarapan di dalam lokasi.

Sampai di Curug, rombongan Karawang sudah menyiapkan bubur kacang ala Pickniker's. Bergabunglah Kami untuk sarapan segelas bubur kacang dan kopi hitam.

kolaborasi keren antara pickniker's dan cuter

Curug Cigeuntis merupakan destinasi wisata primadona di Kabupaten Karawang. Terletak di Gunung Sanggabuana yang menyajikan pemandangan yang asri dengan hawa sejuk, tapi tidak sedingin Sukamantri atau Cibodas.

Curugnya lumayan tinggi, menjulang sekitar 30 meter dengan debit air yang sudah lumayan besar, mungkin karena sudah memasuki musim hujan. Dan curug ini masuk kategori lebar, dinding batunya terhampar disamping kiri curug, menjadi ciri khas.

Masih terjaga kelestariannya terbukti dengan jernihnya air dan pepohonan dilereng lembah yang nampak lebat dan hijau. Sayangnya, kondisi akses jalan dikilometer terakhir rusak parah, menyulitkan untuk mencapai lokasi. Bisa jadi ini semacam pembiaran, karena nampaknya pihak warga yang memiliki lahan parkir dibatas jalan rusak diuntungkan.

Duo Fedlady

Kampung Turis dan Curug Bandung


Menjadi alternatif untuk Anda yang berkunjung kesini, Sebelum Curug Cigeuntis ada 2 objek wisata yang nampaknya menarik. Kampung Turis merupakan kolam renang atau semacam waterboom, sekitar 3-4 km sebelum Curug Cigeuntis. 

Curug Bandung, diantara Kampung Turis dan Curug Cigeuntis, sayangnya karena yang lain keberatan .. Saya mengurungkan niat belok ke Curug Bandung, padahal hanya 500 meter.

pintu gerbang curug bandung, 500 meter menuju lokasi ...

Tapi tak apalah, bisa dijadikan next trip ...



Koordinat Googlemaps Curug Cigeuntis : -6.582968, 107.231151

See ya at Next Trip !


#‎xpdc100curug 
" jika bermanfaat ... tinggalain jejak ya ..share, like, atau comment di Blog ini, Thanks ! " 

2 komentar:

  1. kerenn ..
    saya pikir curug bandung dan cigeuntis itu sama ..
    tahunya beda .. hehe

    ReplyDelete
  2. beda om.. dari kampung turis curug bandung dulu baru curug cigentis.. ayo ah .. bisa dijadikan destinasi selanjutnya om Jauhari ..

    ReplyDelete