Bahas pedal cleat nyok!!

Bahas pedal cleat nyok!!
Aposeh gunanya pake cleat???
Pake pedal cleat amat besar mannfaatnya saat ente touring jarak jauh dn tanjakan. Tenaga/power kite juga lbh efisien ga terbuang krn smua terserap pd putaran crank.
Memang sbgian goweser msh mikir klo pke beginian, takut jatoh krn lupa.
Ya memang perlu waktu buat belajar pemasangan dn pelepasan cleat pd pedal. Trutama melatih reflek kaki.
Sbenernya ngakalinnye gampang, cukup kendorin aja baut per pencengkram cleat agar tdk trlalu keras mencengkram. Caranya putar kearah (-). Trs klo ada budget sdkit, bli cleat yg multi yg tandanya (M). Itu bisa dilepas dr 3 arah dibnding cleat standar bawaan pedal.
Nah ini yg penting..
Uda pake cleat tp blm bisa memanfaatkan keuntungan cleat tsb.
Gaya gowes yg menekan pedal ke bwh dn istirahat saat pedal diatas, sama aje ky pake pedal biasa bro.
Klo uda pake cleat ubah cara gowesnya. Gunakan prinsip tekan-tarik (push-pull), misalnya kaki kanan menekan pedal yg sblh kiri menarik pedal dst. Pembagian beban kerja tsb, tenaga yg dikeluarkan buat menggowes pedal otomatis lbh sdkit.
Memang awal2 rada susah merubah kebiasaan tp tetep hrs byk bljar dn latihan, untuk dpt menemukan kayuhan yg mantap perlu jg latihan.
Caranya dgn one leg pedaling slma 1-2menit. Pasang cleat dipedal satu kaki saja, mulai gowes dgn satu kaki, dgn cara push-pull, yg sblh cukup mengimbangi sja. Bgtupun sblknya.
Smkin lama ente gowes pake pedal cleat, tenaga ga cepet abis, bisa untuk gowes ratusan kilo. Ciherang tnpa tim mawar bisa anda capai dibawah makan siang..hehehehe..

Noh...smga brmnfaat. 

Ditulis oleh : Nana DaBomb

0 komentar:

Post a Comment