Yuks Seting Posisi Brake Lever yang Nyaman

Ini yang salah satu sisi yang Saya suka ketika gobar bareng sama om-om master yang udah gowes belasan tahun. Ada saja hal-hal kecil yang sifatnya detail dan sangat berguna.

Seperti ketika gobar NR Cunang, ada satu sesi obrolan dengan om Nana DaBomb (kalo goweser Bekasi, pasti kenal om yang sati ini) mengenai brake lever yang terpasang di sepeda FR om DjaRot AP, yang model 2 jari.

Obrolan berkembang menjadi pembahasan mengenai cara seting brake lever yang benar, safety dan nyaman.

Bagaimana sih setingan posisi brake lever yang memenuhi kriteria di atas, ini dia uraiannya ... :


  • Jangan terlalu kencang bautnya, brake lever seharusnya masih bisa digerakkan ke atas dan ke bawah. Tujuannya agar saat terjadi crash dan brake lever terbentur tidak patah, hanya berubah posisi.

  • Pada sepeda standart keluaran toko (toko sepeda harian) biasanya setingan brake lever bersudut 0 ° alias sejajar horison. Setingan seperti ini akan meyebabkan posisi handling tangan ke handle bar menekuk di sendi tangan. Jika dipakai untuk jarak jauh akan menyebabkan kurang nyaman dan mudah kebas. Seting posisi brake lever membentuk sudut menghadap ke bawah, untuk ukuran berapa derajatnya sesuaikan dengan kondisi masing-masing, yang jelas posisi tangan, pergelangan, dan lengan membentuk sudut lurus.
Terlihat sepele ya, tapi ketika gowes menempuh jarak jauh .. setingan ini akan sangat terasa manfaatnya. 

Ok, Sepedaan untuk Hepi !


" jika bermanfaat ... tinggalain jejak ya ..share, like, atau comment di Blog ini, Thanks ! "

3 komentar:

  1. mantap tipsnya om...

    kalo saya, brake lever digeser agak ke dalam sedemikian rupa sehingga cukup ditarik dengan jari telunjuk saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga.. tp dikokpit sy ada alat2 yg lain yg menempel .. hehehe.. harus berbagi space ..

      Delete
  2. mantap tipsnya om...

    kalo saya, brake lever digeser agak ke dalam sedemikian rupa sehingga cukup ditarik dengan jari telunjuk saja.

    ReplyDelete