Tips : Yang Perlu Dilakukan Setelah Gowes Longtrip

Sepulang gowes longtrip, seperti trip Curug Cijalu atau Curug Nangka sebelumnya ... apalagi dijalan pakai acara hujan-hujanan. Maka demi kenyamanan di longtrip berikutnya dan keawetan komponen dan aksesoris yang dipakai ada beberapa ritual wajib yang musti dilakukan, yaitu :

  • Cuci Sepeda

Apalagi yang sepeda besi kayak fedlady Saya, kehujanan bisa cepat memicu karat. Lagian pasti belok (kotor - red) banget, sisa lumpur dan pasir yang nempel di fender dan tube. Biar kinclong dan cantik lagi.



  • Bersihin Rantai dan Lumasi

Rantai juga pasti kotor dan berisik akibat pasir yang menempel selama dalam perjalanan. Cuci bersih dengan sikat gigi bekas dan sabun cuci piring, setelah itu lumasi .. kalau Saya cukup dengan minyak Singer.

  • Seting Ulang FD dan RD

Longtrip yang menanjak memerlukan kondisi FD dan RD yang langsam. Shifting sangat menentukan lulus ditanjakan, telat shifting bisa berakibat TTB bahkan lebih parah putus rantai.

Setelah longtrip sempatkan seting ulang FD dan RD agar shifting mulus. Kalo di Fedlady Saya, mungkin karena bracketnya memakai ganjal karet FD sering berubah posisi.

  • Seting dan Cek Kampas Rem 

Karena setelah berangkatnya melibas tanjakan ngehe, pulangnya pasti bertemu turunan curam yang memerlukan rem yang pakem. Turunan yang curam dan panjang boros kampas rem.

Cek ketebalan kampas rem, kalau kampas tipis bisa mengakibatkan velg terkikis. Seting ulang kepakeman rem, Kalau rem blong bisa bikin celaka dijalan. 

  • Cuci Pannier dan Perlengkapannya

Setelah tenda digelar, matras digelar diatas rumput pasti kotor tuh, cuci dan keringkan. Pannier juga, setelah kehujanan atau dari kotoran yang terbawa tenda dan alat lainnya, cuci atau bersihkan.

Demikian pula dengan sleeping bag, hammock, dll. Kondisi yang lembab karena bercampur dengan baju kotor atau rembesan air hujan menyebabkan bau apek dan jamur. Cuci dan keringkan untuk acara longtrip atau bikecamping selanjutnya.

Kalau semua bersih kan pakainya enak ya.. haghaghag !!!



" jika bermanfaat ... tinggalain jejak ya ..share, like, atau comment di Blog ini, Thanks ! "

0 komentar:

Post a Comment