Tips : Endurance, Speed, dan RPM

Beliau adalah sosok yang Saya jadikan guru untuk urusan gowes, perkenalkan Beliau adalah Om Didie. Rekornya yang membuat tercengang adalah Bekasi - Surabaya fullgowes dalam 2.5 hari.

Hitung-hitungan di atas kertas, Bekasi - Surabaya itu 800km .. jika dalam 1 hari 10 jam gowes maka total jam gowesnya adalah 25 jam. Untuk dapat 800 km berarti kecepatan rata-rata 30 km per jam.

Kecepatan rata-rata loh, eduuun ! Anggaplah meleset perhitungan Saya, berarti om Didie perlu menambahkan jam gowes seharinya, itu juga memerlukan stamina dan skill gowes yang luar biasa.

Dan Saya membuktikan itu, bukti pertama adalah ketika acara bike camping Cibodas, Saya dan om Didie bikin janji di pospol tol Bekasi Timur sekitar jam 18.00. Beliau pulang kerja dari Karawang, gowes .. itu jaraknya sekitar 30 km.. hanya 1 jam kurang malah.

Kedua, Saat Beliau ngacir ninggalin Saya di tanjakan Gagod - Puncak Pas dan aksi Beliau saat menyusul sendirian dalam acara bike camping Pickniker's di Curug Cijalu, Bekasi Subang. Rombongan kami di salip sebelum Situ Wanayasa.


Kuncinya : RPM


Terus yang menjadi pertanyaannya adalah : "How He did it?" Jawabannya adalah RPM. RPM adalah rotasi per menit, penjabarannya putaran atau kayuhan pedal seorang pesepeda per menit. Dan itu harus stabil dan kontinyu. 

Terus terang RPM Saya juga masih suka lari-lari dan belum stabil, teorinya seperti ini .. gear depan letakan di angka 2 dan gear belakang  6 atau 7 (untuk yang 7 speed). Putaran kaki mengayuh secepat mungkin dan kecepatan laju sepeda pertahankan di 25 km per jam. Kombinasi RPM seperti itu jadikan latihan setiap hari rutin 1 jam.

Pada posisi kombinasi seperti yang diuraikan diatas, tenaga yang terpakai kecil. Lebih enak jika ada partner yang bisa diajak latihan gowes, paling nanti jatuhnya yang kalah adalah nafas. Nah itu yang perlu dilatih ..!!! 

Jadi Kata kuncinya adalah LATIHAN secara RUTIN, melatih RPM secara rutin dengan sendirinya nanti putaran kaki, tenaga dan nafas akan menyesuaikan dan terbiasa. Tapi maaf, sepertinya tips ini berlaku untuk pesepeda turing atau roadbike.

See ya at Next Tips

#‎fullgowes‬ 
‪#‎7persenwarass‬ 
‪#‎federal‬
‪#‎bike2camping‬ 
‪#‎cuter‬ 
‪#‎picknikers‬
‪#‎gowes4healthdotblogspotdotcom‬


" jika bermanfaat ... tinggalain jejak ya ..share, like, atau comment di Blog ini, Thanks ! "


0 komentar:

Post a Comment