SitBul

Situ Buleud atau yang tenar dengan singkatan Sitbul adalah nama sebuah situ (telaga) ditengah kota Purwakarta. Dinamakan Situ Buleud (Telaga Bulat) menurut bentuknya yang bulat. Dilengkapi dengan jogging track yang mengitari telaga ditengahnya.

Nama lengkapnya Taman Sari Sribaduga Situ Buleud, sekarang sudah dibangun air mancur yang katanya sih terbesar se-Asia. Atraksi air mancur diadakan setiap malam minggu, dengan koreografer yang spektakuler.

Relief disalah satu sudut Sitbul menceritakan tentang tragedi Perang Bubat

Saya berkesempatan menyambangi tempat ini, sebenarnya sih numpang lewat ... tujuan aslinya ke Curug Cijalu - Subang. Rutenya melewati ini bersama Picknikers - Karawang.

Tempatnya asyik buat nongkrong, pohon rindang melindungi dari terik matahari .. cuma ga tau nih kalo malam banyak nyamuk ga kayak di Bekasi.


Kami break disalah satu sudut yang disarankan Pak Satpol PP, setelah perjalanan 79 km dari Bekasi. Buka matras plus ngopi, Masih terasa sejuk meskipun sudah jam 10 siang.


Menurut sejarahnya yang Saya dapat dari googling, zaman dulu Sitbul adalah tempat mandi dan minum badak. Makanya ada ikon badak putih dipertigaan didepannya.

Mitosnya, jika joging ditempat ini arah putaran larinya harus berlawanan dengan arah jarum jam. Jika tidak, bikin pusing... hmm ... tapi karena ini cuma acara mampir Saya tidak punya waktu buat membuktikan mitos ini.

Overall, kalau suatu saat pembaca sekalian mengunjungi kota Purwakarta, cobalah pagi-pagi sekali mampir di Sitbul untuk sekedar jalan-jalan atau membuktikan mitos itu, .. hehehhe !


Letak Sitbul menurut GPS atau Google maps : -6.556668, 107.446112


" jika bermanfaat ... tinggalain jejak ya ..share, like, atau comment di Blog ini, Thanks ! "

2 komentar:

  1. Nostalgia...

    16 tahun silam waktu masih kerja di cijunti, pas minggu pagi saya sesekali ke situ bulet buat makan ketoprak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy baru sekali ini malah.. kl wanayasa pernah .. next artikel .. situ wanayasa

      Delete