Saung Rangon : Bangunan Tertua di Bekasi

Menurut Saya terlalu mengada-ada ya, masa di Bekasi baru ada rumah atau bangunan pada abad ke-16. Masa iya sih, sebelum tahun itu Bekasi belum ada peradaban. Tapi .. begitulah klaim yang tertera di secarik kertas yang tertempel di situs Saung Rangon.


Terus apa kabarnya tentang cerita kerajaan Taruma Negara, Situs Candi Jiwa yang legendanya ada jauh sebelum tahun dibuatnya Saung Rangon. Masa iya sih, pada masa itu ga ada bangunan ..

Hehehe, ya sudahlah .. bisa jadi ada tapi jejak sejarahnya tak bersisa. Lapuk dimakan zaman.

Saya datang ke tempat ini sebenarnya memenuhi undangan dari Sobat Gowes Bekasi aka SGB. Udah lama banget dendam sama SGB pengin gowes bareng, ... akhirnya kesampaian.

Meskipun, tidak sempat gowes bareng .. cuma bertemu di lokasi dan foto-foto. Ceritanya, dari jam 8 .. Saya dan om Choir sudah mejeng di Tugu Bambu menunggu rombongan SGB yang menurut undangan rutenya melewati tempat ini.

Tapi, ditunggu sampai menjelang jam 9 .. tidak juga melintas.. akhirnya ambil inisiatif gowes berdua, kali aja rutenya mendadak berubah.Ternyata ada accident ban bocor jadi perjalanan molor.


Pas waktu yang sama ibu-ibu muda anak satu, yang baru pada selesai senam dan ada acara masak bersama, tapi karena ditunggu-tunggu ga ada yang nawarin nyicipi makanan, .. akhirnya pesan es cincau sama pak tua yang baru saja merapat ..haghaghag .. ngarep banget .. emang ga dikasih uang saku apa ?

Menurut Sejarah dari kertas berbingkai yang ditempel di salah satu bagian Saung ini dan ditambah googling .. Saung Rangon di bangun oleh Raden Rangga yang masih merupakan keturunan dari Pangeran Jayakarta, pada abad ke-16 .. tahunnya ga pasti.

Makanya, orang-orang sini ada yang menyebut juga Saung Rangga. Terletak di Desa Cikedokan, kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. 

Konon, tempat ini adalah base camp gerilya melawan penjajahan Belanda. Wuidih .. jadi ngebayangin, disini tahun-tahun segitu masih hutan belantara .. dan yang jelas jalannya pasti belom dibeton kayak sekarang.. haghaghag.. ngawur kamu !


Koordinat google maps Saung Ranggon -6.337498, 107.070002

See ya at Next Trip !

‪#‎fullgowes‬ 
‪#‎7persenwarass‬ 
‪#‎federal‬
‪#‎bike2camping‬ 
‪#‎cuter‬ 
‪#‎picknikers‬
‪#‎gowes4healthdotblogspotdotcom‬
#‎gowessejarah

" jika bermanfaat ... tinggalain jejak ya ..share, like, atau comment di Blog ini, Thanks ! "

0 komentar:

Post a Comment