Part Wajib Sepeda Turing : Standart Tengah

Perbedaan mencolok sepeda Turing dan XC adalah Jika sepeda XC dibuat seringan mungkin, seminimalis mungkin sampai hanya menyisakan part yang wajib. Yang sunah ditinggalkan, halah apa sih ... Maksudnya hanya menyisakan frame, wheelset, GS, dan Brakeset. Haram hukumnya masang fender apalagi rack buat pannier,.. haghaghag !

Kalo sepeda turing kebalikannya apa aja dicantelin, fender full ban.. Rack depan belakang, spion, pannier, matras, tenda, tas HBB, kulkas, kompor, spring bed.. hadeh ..! becanda .. kayaknya sih kalo memang bisa diangkut, diangkut tuh ..!


Ditambah lagi sepeda turing itu biasanya sepeda besi atau paling mentok chromoly, sehingga kalo full loading itu bisa mendekati 30 kg. Huff, pasti ngeden itu kalo TTB ditanjakan, haghaghag !

Diperlukan standart yang mumpuni untuk menahan beban saat berhenti istirahat. Saya terhitung udah 2 kali mengganti standart, 3 kali dengan yang sekarang.

Yang pertama standart tengah model 1 kaki, karena model sepedanya ga ada baut untuk standart tengah jadi sering meleset klemnya. Yang ke-2 standart samping belakang, patah saat bike camping Cibodas.

Kayaknya yang model standart tengah 2 kaki ini pas mantap, .. kebetulan ukurannya pas dengan tinggi sepeda jadi disamping fungsional juga jadi tambah manis si Wild Cat.

Ga perlu ribet lagi kalo lagi pas ketemu warung, tinggal jleb .. tarik boncengan ke belakang. Berdiri dengan manis di pinggir jalan, nungguin tuannya ngopi di warung ..  maklum tim mawar.

So, .. menurut Saya, sepeda turing wajib pake standart tengah dua kaki !

#mtbfederal
#touringyuks!




1 komentar:

  1. ya nih .. seharusnya pakai standar tengah begini ... lebih kuat
    dan keren .. he he he

    ReplyDelete