Modifikasi Senter Police Input Power dari PowerBank

Hehehe .. ternyata masih bermasalah dengan senter police ya. Batereinya, kemarin sudah diganti dengan baterei bekas laptop tapi mendadak mati. Huff!

Baterei yang asli dan beli cadangannya pun sudah tidak seterang awalnya, redup ! Iseng-iseng dapet ide untuk modifikasi powerbank sebagai sumber energi senter police.

Apalagi tim Cuter sedang doyan NR ke Curug, senter jadi sangat penting. Seperti minggu ini di tgl. 7 dan 8 November NR ke Curug Nangka.

Oke, mulai yuk.. kita bikin powerbank sebagai input power senter police. Yang Kita  butuhkan adalah :
  • sebuah powerbank
  • sebuah kabel USB
  • kabel asli charger senter police
  • solasi listrik atau solasi bakar
Powerbank pasti punya dong di rumah, kan katanya kebutuhan pokok itu makan, pakaian, dan powerbank, haghaghag !


kabel USB, siap dimodifikasi

Ready ?, yang kita butuhkan adalah sebuah kabel yang kepalanya USB diujung satu (yang nantinya dicolok ke powerbank)  dan jack senter di ujung lainnya. Kita akan buat dari 2 buah kabel yaitu kabel USB dan kabel charger senter police. Udah jelas ya ..?

mulai ... Potong kabel USB dan kabel asli Charger senter police. Kabel USB seperti di gambar 1 di atas akan kita ambil merah dan hitam, merah + (positif) dan hitam - (negatif).

Selanjutnya, kabel USB kupas hitam dan merah... kupas juga kabel charger merah dan hitam/biru. Aturannya (jangan sampai salah) merah ketemu merah kita pilin.

Hitam dililitkan dengan hitam/biru, kemudian rapikan dan bungkus dengan solasi listrik atau solasi bakar. Untuk panjang kabel, terserah dah, sekitar 1 meter cukup.

Selesai ..

Cara pakai :


  • Sekarang lupakan nge-charge senter police, yang perlu dicharge adalah powerbanknya.
  • tapi kalo batereinya masih berfungsi, Anda bisa charge juga baterei senter policenya, dengan charger powerbank. Dan powerbank bisa dijadikan backup jika baterei senter habis.
gbr.2, sekarang baterei senter bisa diganti dengan powerbank


nge-charge baterei senter dengan charger powerbank

  • yang perlu dipersiapkan disepeda adalah, tempat menaruh powerbank yang aman. Tas model yang tergantung di handlebar pilihan cocok.

Test yuk !


Sekarang tidak perlu khawatir ML ditengah jalan, .. mati lampu maksudnya. Powerbank mempunyai kapasitas besar, bisa berhari-hari dipakai.

test senter dengan tenaga dari powerbank

Anda mempunyai opsi mencabut baterei aslinya atau baterei tetap berada disenter. Iseng aja kreatif, gimana kalo serius ya... hehehehe!


" jika bermanfaat ... tinggalain jejak ya ..share, like, atau comment di Blog ini, Thanks ! "



0 komentar:

Post a Comment