Curug Ke-12 : Curug Country, Serasa di Studio

Pada zaman dahulu, ada seorang petualang dari Inggris yang menemukan daerah baru yang masih hutan belantara yang bernama Jonggol. Menurut lidah orang bule menjadi jungle, .. jadi jungle itu aslinya dari kata jonggol ... haghaghag .. jangan percaya ya.. asli ngawur.

Nah dari Jonggol, geser dikit ke arah selatan di daerah Cariu ada sebuah curug yang landskapnya keren mirip di studio, bernama Curug Country. Namanya keinggris-inggrisan ya kayak jonggol.


Acara gobar ke Curug Country ini murni spontan, sebenarnya minggu ini gowes dekat ke Saung Ranggon saja. Tapi terlontar ide saat di Saung Ranggon untuk melanjutkan ke Curug Country.

Secara, biasa pulang malam.. ini acara Gobar SGB ke Saung Ranggon jam 11 siang udah kelar.. akhirnya bersama om Choir dan om Agus lanjut ke Curug Country.


Diantara Kami bertiga, Saya yang paling tuwir .. selisih umur Saya, om Choir, dan om Agus 10 tahun lebih kayaknya. Dan style mereka style pembalap. Ngos-ngosan ngejar diawal-awal laps. sampai menjelang Cariu Saya tertinggal lebih dari 200 meter..haghaghag.

Sekitar jam 13.00 kami beristirahat untuk makan di Wasun di prapatan Cariu, emang ya kalo abis keluar tenaga banyak makan apa aja berasa enak. 

Dari prapatan Cariu ini, nanti .. kami ambil ke Kanan ke arah Cianjur. Sudah tidak terlalu jauh .. kisaran 15 km dengan trek rolling, naik-turun.

Patokannya adalah setelah prapatan Cariu sebelum jembatan besi besar ada pertigaan belok kanan, masih ada sekitar 4-5 km dari pertigaan itu. Tidak ada papan penunjuk arah, kami sempat terlewat setelah jembatan skitar 500 meter.. terpaksa balik kanan.

Sudah mulai menemui jalanan makadam, turunan dan tanjakannya lumayan curam. Sebenarnya kalau jalanannya bagus bisa memanfaatkan momentum rolling, turun dengan kencang untuk mencapai setengah tanjakan setelahnya.

Jam 15.00 Kami sudah mencapai pintu gerbang Curug Cariu, tepatnya sebuah pertigaan di depan sebuah villa. Ada abang parkiran 5.000 per sepeda, bayar terus kami turun .. sepeda Kami bawa turun.

Curug Country terletak di Desa Tanjungsari Kecamatan Tanjungrasa, Kabupaten Bogor. Termasuk wilayah Bogor Timur, berbatasan dengan Kabupaten Karawang.

Landskap Curug Country, keren .. jadi serasa ada di Studio Foto atau Studio Film Hollywood .. tidak terlalu tinggi paling sekitar 10-15 meter. Tapi .. dibatasi oleh vegetasi hutan yang masih sangat rindang disebuah lembah ... betah berlama-lama disini.

Airnya tidak terlalu dingin, bisa mandi sepuasnya .. Baru 2 kali hujan, jadi air belum deras banget.. malah sekitar sebulan lalu curug ini sempat kering-kerontang ga ada airnya, kata penjual kopi disalah satu sudut itu.


Kayaknya seru juga buat bike2camp disini, cuma sayang lahan terbatas. Hanya bisa muat 2 atau 3 tenda. Kalaupun mau bisa bikin tenda di atas.. disamping villa tapi cukup mikir juga akses ke curug jalanan terjal.

Saya bertahan disini sampai menjelang jam 17.00, setelah puas foto-foto, mandi air curug, ngopi, makan sawo .. akhirnya Saya cabut.

Agak kesulitan mencari koordinat googlemaps.. tapi Saya dapat posisi terdekat : -6.56359, 107.12111

See ya at Next Trip !

#‎fullgowes‬ 
‪#‎7persenwarass‬ 
‪#‎federal‬
‪#‎bike2camping‬ 
‪#‎cuter‬ 
‪#‎picknikers‬
‪#‎gowes4healthdotblogspotdotcom‬


" jika bermanfaat ... tinggalain jejak ya ..share, like, atau comment di Blog ini, Thanks ! "

0 komentar:

Post a Comment