Sparepart Baterei Untuk Senter Polisi

Para goweser tentu tidak asing dengan senter Swat atau senter polisi. Terhitung banyak kelebihan yang tersemat di senter model ini. Cahaya yang dihasilkan terang benderang, juga sistem pengisian baterei yang model isi ulang lebih hemat daripada harus beli baterei baru setiap baterei yang lama mulai drop.

Body yang terbuat dari bahan alumunium, tahan banting untuk medan offroad. Dan juga bolamnya sudah LED, hemat energi. Adapun kelemahannya adalah model batereinya yang tanggung, tidak dijual ditoko-toko dekat rumah. Sparepart penggantinya jika bateri isi ulangnya udah soak susah loh ... nyarinya.

baterei yang biru isi baterei laptop, sedangkan 2 lainnya yang merah dan ungu itu saya beli

Baterei Laptop


Sebenarnya baterei di senter polisi ini sejenis dengan baterei laptop. Cell-cell dilaptop diisi dengan bateri isi ulang model ini.  Jadi jika Anda mempunyai laptop yang batereinya sudah rusak jangan keburu dibuang, biasanya beberapa cell atau batereinya masih ok. 


limbah B3 - Baterei Laptop

Dalam satu baterei laptop berisi beberapa baterei, bisa 6, 8 , 12, bahkan ada yang 16.  Anda bisa membongkar baterei laptop bekas untuk kemudian memanfaatkan baterei-batereinya untuk mengganti baterei senter polisi Anda yang sudah soak.

Hitung-hitungkan recycle alias daur ulang, go green om !

Charge Ulang Baterei


Kondisi bateri isi ulang yang soak bisa disebabkan beberapa hal, mungkin memang sudah kadaluarsa dalam pengertian baterei itu sudah terpakai lama dan masuk masa harus diganti.

Bisa juga karena Anda salah cara isi ulang atau rechargenya. 

Yang tidak boleh adalah :
  • terlalu sering recharge dengan waktu yang terlalu cepat, Maksudnya begini, anggaplah pada awalnya kondisi baterei senter polisi Anda full, dipake sebentar terus Anda cas sebentar pula.
  • Memakai adaptor charger yang jelek atau tidak sesuai spesifikasi.
  • Recharge terlalu lama, biasanya yang sering terjadi adalah lupa menyabut charger sehingga terjadi over charge.
Perlakuan yang benar untuk recharge baterei adalah :
  • Anda tidak perlu terlalu sering recharge baterei Anda, yang akan menyebabkan baterei cepat soak, waktu yang diperlukan untuk recharge bateri senter polisi adalah 8-10 jam.
  • pakai adaptor charger aslinya, atau yang berkualitas bagus dan sesuai dengan spesikasi alat. Punya Saya 5V - 0.6A

Tambahan sedikit, kebetulan ada satu toko didekat rumah yang menjual baterei model ini, dijual juga di situs online bukalapak. Buatan cina. Tapi , kualitas baterei laptop lebih bagus.

Thanks, mudah-mudahan berguna ...

    2 komentar: