Curug Ke-6 : Curug Cipamingkis

Dari pada debat kusir tentang kabut asap yang melanda Sumatera dan Kalimantan. ujung-ujungnya, ini pasti salah Jokowi. Yang bikin sesak nafas, mending Kita gowes piknik...

Nampak dilihat disepanjang perjalanan, barisan bukit-bukit di sekitar Sukamakmur selepas dari jonggol, meradang gersang. Rumput dan semak liar merangus, merah kecoklatan karena kemarau. 

Sedikit saja terpercik api, terbakar, pasti susah memadamkannya. Luasnya lahan serta topologi bukit yang terjal akan susah dijangkau pemadam kebakaran, ditambah sulitnya akses ke sumber air.

Curug Cipamingkis berada di Dusun Pinus, Desa Warga Jaya, Kecamatan Sukamakmur, Bogor. Tetanggaan dengan Curug Ciherang yang sudah Saya sambangin sebelumnya.

mejeng di tiketing curug cipamingkis

Sebenarnya kalo dinilai dari sisi keelokan, Curug Ciherang lebih bagus dengan curug kembarnya. Curug Cipamingkis lebih kecil debit air dan lebih pendek ketinggian airnya. 

Nilai lebih Cipamingkis ada  kontur tanah menyisakan lebih banyak tanah datar yang bisa dimanfaatin untuk kemping. Dan juga fasilitas pendukung seperti warung makan dan toilet yang lebih komplit.

formasi mini cuter di cipamingkis, om doods dan calon anggota baru

Terletak di hutan pinus, membuat Cipamingkis tampak asri, sejuk, betah berlama-lama di sini. Meskipun rombongan Saya sampai dilokasi ditengah siang, tapi .. adem ...

Sayangnya Saya tidak bisa berlama-lama ... sebenarnya ini bukan acara inti. Hanya mampir saja, karena rutenya melintasi area ini. Rutenya kebalikan dengan rute waktu ke Ciherang. Saya datang dari arah Cianjur menuju bekasi via Puncak Dua.

meskipun siang bolong, tapi karena kerindangan pohon pinus jadi terasa adem

Cocok buat acara kemping keluarga, sayang akses angkutan umum praktis tidak ada. Untuk mencapai Curug Cipamingkis Anda musti bawa kendaraan pribadi.

Yang perlu diperhitungkan adalah tanjakan-tanjakan yang ekstrim arah berangkat dan turunan curam rute pulang. Pastikan kondisi rem dan kopling kendaraan Anda.

Info tiket, perorang kena bea masuk 10 ribu dan untuk berkemah 35 ribu.

1 komentar:

  1. Mantap om. Curug Cipamingkis skrg banyak berbenah. Banyak wahana di dalamnya, semisal kolam ikan, jembatan cinta, perahu, dll. Tempatnya masih adem. Ane kesana mobilan. Ga kebayang kalo gowes, hehe..

    ReplyDelete