Apple to Apple : V-Brake VS Mechanic Disc Brake

Hari itu sepulang dari gobar Cikegbrong, setelah rombongan berpencar sesuai destinasi akhir masing-masing (rumah-red) ada kejadian accidential yang dipicu oleh seekor kucing yang tiba-tiba berlari menyebrang jalan. Saya ada di urutan no.3 dan berjarak sangat dekat dengan om Dany didepan. 

Karena rem mendadak sampai nyaris saja terbalik, posisi ban belakang terangkat sampai setinggi punggung. Masih beruntung masih bisa mengendalikan sepeda, cuma kaget tanpa ada yang terluka. Untung remnya pakem, Saya pake rem V-brake.

v-brake federal, ada juga model yang lebih jadul .. cantilever ...


Apple to Apple


Jadi terbersit bikin perbandingan apple to apple antara rem v-brake dan mekanik diskbrake. Secara umum pantaslah dibandingkan kedua sistem ini, hanya beda yang v-brake teknologi jadul, sedangkan mekanik diskbrake kekinian.

Sebelum Federal yang Saya pakai sekarang, Saya 2 kali pakai MTB kelas entri level yang sistem remnya mekanik diskbrake.  Dari segi pakemnya, masih lebih pakem v-brake. 

Secara logika bisa dipahami karena saat pengeraman v-brake memegang dilingkaran luar (velg), sehingga daya cengkram yang dihasilkan lebih besar dan efek yang dirasa adalah lebih pakem.

Sedangkan mekanik discbrake kurang pakem, titik pengerem berada diporos/as sehingga dibutuhkan gaya yang lebih besar. Kita bicara sistem rem kelas entri level ya, bukan discbrake yang sudah hidrolis.

Plus Minus V-brake & Mekanik Diskbrake


Kelebihan v-brake :
  • lebih pakem dibanding dengan discbrake kelas entrilevel
  • praktis tidak perlu perawatan
  • tidak berisik
  • murah meriah
Kekurangan v-Brake :
  • titik pengereman ada di velg atau rim sehingga menimbulkan cacat berupa goresan pada rim.
  • jika pakai rim yang anodis atau yang berstiker, merusak penampilan
  • Teknologi jadul, bahkan di MTB atau fork kekinian sudah tidak ada pivot v-brake
  • kondisi jalan basah, saat hujan atau melewati medan offroad berlumpur akan mengurangi kepakeman rem v-brake
Kelebihan mekanik diskbrake :
  • Secara tampilan enak dilihat
  • tidak merusak rim
  • Sepeda MTB atau fork model terbaru rata-rata dibuat untuk diskbrake.
Kekurangan mekanik diskbrake entrilevel:
  • rotor gampang peyang
  • berisik kalo kotor, apalagi saat rem dipake kerja keras seperti di turunan dengan jalan rusak. Berisiknya malu-maluan, ketahuan kalo remnya murahan.
  • kalah pakem dibanding v-brake
So, .. pengguna Federal .. ngapain musti upgrade ke discbrake, kalo masih pake sistem mekanik. Kecuali sekalian ganti ke yang hidrolis. Lebih baik tetap v-brake, sparepartnya juga murah meriah dan mudah merawatnya.

#safefederal



2 komentar:

  1. menurut ane, setting v-brake agak susah dibanding disc brake mekanik, terutama mencari posisi center dimana pad kiri-kanan tidak menempel rim. seringnya salah satu pad sangat dekat dengan rim, dan pad yang lain agak jauh dengan rim.

    ReplyDelete
  2. tapi bebas dari bunyi ya om .. juga kl udah dpt setingannya praktis nyaris ga perlu dimainten lagi ...

    ReplyDelete