Upgrade Fork, Biar Kekinian

Akhirnya harus menyerah pada fork asli bawaan Federal, dratnya sebagian sudah aus jadi sering banget oblak. Takut kalau patah di jalan. Lagian juga, meringis kalau gowes ketemu jalanan makadam, pegel bro ..! Jadi akhirnya harus realistis tapi tetap ekonomis.

proses operasi kaki depan si kucing liar dilakukan di bengkel Usaha Baru, Kranji !

Meskipun harus melepas identitas Federal yang identik dengan shock Rigid. Ga apalah, yang penting merasa lebih aman dan nyaman. Sempat konsultasi ke beberapa teman yang lebih berpengalaman, sebenarnya bisa diperbaiki dengan dilas tambal daging kemudian dibuat ulang dratnya di tukang bubut.

Tapi, dirasa masih beresiko. Takutnya gagal malah cuma buang duit. Ya sudahlah ! ganti baru Saja. 

Federal ini yang menjadi contoh upgrade fork dengan shok suspensi, RST Capa. Tunggangannya om Farid

RST Capa T80


Ketika gobar ke Curug Ciherang kebetulan tunggangan om Farid juga Federal tapi sudah modif fork dengan dengan tipe RST Capa. Jadi semakin yakin untuk upgrade Federal Wildcat juga, kan udah ada contoh jadi ga takut gagal.

MTB klasik seperti Federal masih menganut teknologi steertube drat. Berbeda dengan MTB zaman sekarang yang sudah menggunakan steertube model jepit. Ukuran steertube juga berbeda, Federal Wildcat menggunakan steertube ukuran 22 mm. Atau lebih dikenal dengan headtube standar, sedangkan MTB sekarang menggunakan headtube OS (oversize) yang biasanya berukuran di 25.4 mm.

Cukup sulit juga mendapat fork suspensi model jadul seperti itu, akhirnya dapat di toko sepeda di bilangan Kranji. Sebetulnya ada 2 pilihan antara merk Logan dan RST. Tapi karena budgetnya cukup pilihan jatuh yang agak bagus sekalian, RST Capa Travel 80. Harganya kisaran 300rb-an. Hasilnya posisi gowes jadi lebih tegak !

Ok, semoga awet dan lebih nyaman digowesnya. Dan semoga juga tulisan ini bermanfaat untuk teman-teman yang mungkin ada kendala seperti Federal Saya, yang bermasalah dengan dork oblak.

Salam, ...

0 komentar:

Post a Comment