Point-point yang Perlu Dicek Sebelum Memutuskan Beli Federal

Sudah dapat Federal impianmu ? Eit.. sabar dulu jangan langsung angkut tuh barang. Apalagi kalau dalam bentuk frame + fork saja. Teliti dengan seksama beberapa point krusial ini, agar tidak menyesal setelah dibeli.

Federal itu terkenal sepeda kuat dan bagus. Tapi, karena umurnya yang sudah 20 tahun lebih dan Kita juga tidak tahu bagaimana riwayat pemakaian Federal itu. Mungkin saja si Federal itu pernah jatuh, tabrakan, atau pernah menghuni gudang bersama rongsokan terlalu lama. 


Federal model WildCat


So, ini dia beberapa point yang wajib di cek :


Karat


Cat boleh kusam, baret, atau pudar tapi jangan sampai ada karat. Karat pertanda sepeda Federal kurang terawat atau terlalu lama menghuni gudang bareng barang rongsok.

Cek Drat

Drat itu ulir tempat baut masuk. Ini juga point krusial, cek satu persatu drat di antaranya : drat eyelet, drat bearing bottom, drat brake depan belakang, pokoknya semua drat harus dicek jangan sampai ada yang sudah aus.

Fork, head tube dan headset

Head tube, headset, dan fork adalah komponen yang bekerja extra berat, Federal masih rigid shok, jadi saat masuk jalan rusak tidak ada suspensi yang meredam guncangan. Makanya, paling sering ditemui bagian ini rusak. Headtube retak, fork ulir aus atau  headsetnya pelornya pecah. 

Head tube retak atau pecah

Headtube retak tidak bisa ditoleransi, jika menemukan frame yang headtubenya retak mending dibatalkan saja, cari frame yang lain. Makanya Saya jadikan point cek sendiri karena penting sekali.

Frame tidak simetris

Jika frame bengkok atau sudah tidak center, itu tandanya frame ini pernah tabrakan atau jatuh parah. Batalin saja kalau ketemu frame yang sudah tidak simetris, perlu biaya mahal dan orang dengan keahlian khusus untuk memperbaikinya.

Kelihatannya ribet banget ya, hmmm.. ditambah lagi untuk beberapa point dari cek point di atas juga perlu keahlian khusus. Jadi gimana dong kok ribet amat. Saran Saya, beli aja Federal dari beberapa bengkel atau seller yang sudah rekomendasi dan kredibel di dunia Federal. Kali lain akan Saya kupas tentang orang-orang itu.

0 komentar:

Post a Comment