Komposisi Gear Spesial Buat Nanjak

Jangan tertipu dengan judulnya ya, Tulisan ini bukan tips atau semacamnya. Justru penulisnya lagi galau, heheheh... Galau pengin upgrade GS tapi lagi kanker, kayak Kali Cipamingkis di tengah musim kemarau, ga ada airnya. Hahahahhaha..

Ceritanya pengin upgrade rasio gear, biar lebih ramah ditanjakan. Maklum, usia Saya kan tidak muda lagi. Dan harus diakui terlambat untuk mulai gowes jadi harus banyak kompromi dengan dengkul.


shimano FC-C400 42-32-20T, masih ragu belinya.. masalahnya online kalo ternyata ga ada BB yang cocok dengan wildcat saya .. berabe, buang-buang duit...


Semenjak kejadian TTB di kilometer terakhir perburuan curug episode Curug Ciherang, terbersit niatan untuk upgrade rasio gear. Sedih loh ga kuat melibas tanjakan tembok ratapan, ketika dipaksakan malah dengkul nyerinya 3 hari baru hilang, ckckckckck...

Saat ini rasio gear terkecil GS Saya adalah 34T-24T, sproket megarank 34T 7 speed dan Crank 24T. Dan ternyata untuk 7 speed mentok 34T untuk gear terkecilnya. 

Jika ingin upgrade, maka harus ganti ke 8,9, atau skalian 10 speed. Tapi, .. busyet dah .. harus diganti semua itu komponen yang berkaitan seperti RD, Rantai, Freehub, Jari-jari, shifter, dan tentu saja sproketnya.

Hitung punya hitung, bisa meledak biaya upgradenya. Misal sekalian ke 10 Speed hmmm.. bisa sejuta lebih. Hadeh, ya seperti ditulis diatas, lagi kemaru bro duitnya, hehehehhe...

Nah, baru keide-an. Gimana misalnya yang diupgrade crank aja. Kan tinggal cari crank dengan chainring yang kecil, 22T atau 20T.

Kalau misal ke 22T malah bisa cuma 200-300 ribu aja. Beda kalau upgradenya ke 20T, harga crank 20T mahal karena jarang dan crank dengan chainring 20T adanya diseri-seri premium.

Belum lagi juga harus mencari BB yang pas dengan cranknya, masalahnya sepeda Saya Federal Wildcat. Susah nantinya nyari BB yang masuk ke drat BB Wildcat. 

Dilemanya, sepertinya nangung kalau cuma upgrade ke 22T, takutnya ga begitu pengaruh ke gowesan.. secara cuma beda 2 gear. 

Help ! ya pemirsa, kasih masukan harus bagaimana ..?

0 komentar:

Post a Comment