Destinasi : Cigekbrong, Situs Mata Air Keramat

Minggu, 20 September 2015 ... tim Curug Hunter (CuTer) mengadakan gobar lintas komunitas sepeda di Bekasi, bahkan ada yang dari Cakung JakTim. Jumlah peserta menciptakan rekor baru, yang sebelumnya pernah maksimal 8 orang, Gobar kemarin diikuti 22 orang peserta.

Catatan ini setidaknya menjadi gambaran tingginya antusias para goweser yang sudah merasa jenuh main di trek. Memang mengasyikan gowes ke luar daerah, mencari destinasi yang mempunyai keunikan masing-masing. Variatif dan tidak membosankan.

Acara gobar episode 20 September ini menyambangi situs mata air Cigekbrong. Sebuah mata air yang dikenal sebagai keramat oleh banyak orang.

Cigekbrong terletak di dusun Satus, desa Balekambang, Kecamatan Jonggol berbatasan dengan kecamatan sukamakmur


Setelah melintasi tikum terakhir di Pertigaan Cibucil, perjalanan dilanjutkan ke arah jalan Jonggol - Cariu. Di sebuah pertigaan yang ada Indomart dan Alfamart sebagai patokan, Kami belok kanan di sebuah pertigaan kecil memasuki Desa Balekambang. 

Sebenarnya tidak terlalu jauh, tidak sampai 5 km, tapi ngeselin juga tanjakannya pendek-pendek tapi sambung-menyambung seolah tidak ada habisnya. Dari jalan utama Desa Balekambang nanti ada patok penanda bertuliskan Cigekbrong, belok kanan sekitar 300 meter sudah sampai lokasi.

di parkiran Cigekbrong, liat ada tempat hanger sepeda sepertinya ini salah satu destinasi favorit goweser.


Mata air Cigekbrong dialirkan dari sebuah bukit melewat bilah-bilah bambu yang dibelah dan disalurkan ke dalam bilik-bilik kamar bangunan permanen. Konon air Cigekbrong berkhasiat, tiap kamar yang jumlahnya ada 3 berbeda-beda khasiatnya. Banyak yang datang ke sini untuk melakukan ritual-ritual tertentu. Sayangnya Kami datang ke sini ditengah musim kemarau, debit airnya hanya menetes kecil.

konon tiap kamar itu mempunyai khasiat air yang berbeda


Kalau Anda sempat ke situs Mata Air Cigekbrong, jangan lupa menikmati kuliner khas yang bakalan susah dicari di tempat lain. Nasi merah plus lauknya semangkok belut pucung. Maknyus ...!


#cuter

2 komentar: