Xpdc-100Curug : Curug Xio-mas Cariu Bogor

Curug Xio-mas (nama sebenarnya sih Ciomas, tapi Saya lebih suka nulisnya gitu, tampak lebih keren-Red) terletak di perbatasan antara Loji - Karawang dan Cariu - Bogor. Skitar 40 menit perjalanan naik sepeda dari alun-alun Cariu.

Curug Ciomas atau ada juga yang menyebutnya Green Canyon, terletak di perbatasan antara Loji dan Cariu. Sekitar 4 jam perjalanan dari Bekasi

Ada juga yang menyebut sebagai curug green canyon, bisa dinamai seperti itu mungkin karena kontur kolam di bawah air terjunnya yang diapit oleh batu-batu besar dan warna airnya kehijauan. Ini yang menjadi keunikan Xio-mas dibanding dengan curug-curug yang lain, air terjunnya sih pendek cuma yang keren adalah kolam penampung airnya yang panjangnya sekitar 50 meter dan dalam, di beberapa titik mencapai 3 meter di musim kemarau seperti sekarang ini, kalau musim hujan bisa 4 atau 5 meter.

Dan, yang eksotis adalah keberadaan batu-batu besar yang membentuk celah sepanjang sekitar 50 meter. Jika Anda bisa berenang pasti lebih seru, berenang dari tanggul sampai ujung air terjun. Tapi tenang, untuk yang tidak bisa berenang ada abang-abang penduduk setempat yang baik hati menyewakan pelampung dan memandu sampai titik air terjun.

Rute Jalan


Untuk ekspedisi kali ini, Kami berdelapan yang sebagian adalah almamater ekpedisi ke curug sebelumnya dan sebagian baru bergabung di gobar ini. Kami berangkat dari tikum di Danau Cibeurem - Grandwisata sekitar jam 7 pagi, menuju di tikum selanjutnya di pertigaan Cibucil. Rute yang kami lewati melintas kampung Lubang Buaya - Cijengkol - Setu - Burangkeng - terus menuju Nawit - Cibarusah dan berakhir di Indomaret Cibucil untuk menyelesaikan etape 1 dan menjemput om Kavia di sana.

Breaktime setelah melibas tanjakan ngehe pertama rute dari Jonggol - Cariu 

Jika di etape 1 jalanan datar-datar diselingin tanjakan yang ga begitu tajam di sekitar Nawit, etape 2 dari Cibucil - Cariu mulai di warnai tanjakan-tanjakan panjang, tanjakan ngehe. Ditambah juga panas terik musim kemarau serta alasan menunggu teman yang tercecer membuat Kami harus sering break.

Ini kesalahan rute yang fatal, setelah pertigaan Cariu harusnya kami ambil arah lurus menuju arah Bandung. Eh.. malah ambil rute yang ke Loji - Karawang yang mengakibatkan kami berputar jalan menempuh extra time sekitar 4 jam .. hahaha.. parah ! Jadi ada extra etape 3 dijalankan.

rute nyasar, ketemu jalan rusak berbatu di tengah hutan jati, banyak anjing liar di sana !

Tapi okelah, hitung-hitung tambah jam terbang nyasar ke Loji, Salah jalan ini melintasi medan yang hmm.. lumayan banyak tanjakan dan di tengah hutan Jati ada sekitar 1 km jalan yang rusak parah. Mana Saya pakai sepeda rigid fork, berasa banget dah tangan, bukan hanya kebas tapi sakit saat menghantam batu-batu.

Tiba di Curug Xio-mas sekitar jam 3 sore, padahal harusnya sebelum jam 12 siang kalo tidak pakai acara kesasar. Ritual wajib di curug dilakukan, mandi dan berenang.


Momennya 1 hari menjelang kemerdekaan Indonesia .. pas lah untuk mengibarkan merah putih dan berteriak ... MERDEKA !!!!

Seharusnya, di pertigaan Cariu Kami ambil lurus dan belok ke kanan dari pertigaan di alun-alun Cariu. Dari pertigaan itu perjalanan hanya sekitar 45 menit naik sepeda atau sekitar 15 km. Itu yang bikin Kami terkejut dan baru sadar ketika turun dari Curug Xio-mas sekitar jam 5 sore, menjelang magrib atau jam 6 kurang 15 menit sudah sampai kembali di pertigaan itu.

Tapi, yang menyenangkan usaha memperingan beban perjalanan saat pulang membuahkan hasil. Di sekitar pertigaan Cariu, Kami berhasil mendapat mobil bak sewa untuk loading sampai di depan Giant - Perum. Metland Transyogi. Ini uniknya rute Jonggol - Cariu, pergi-pulang hampir sama treknya. Sama-sama naik turun.

Asyik diloading ...!!! hemat waktu dan tenaga ... dari Cariu - CElungsi.

Lumayan menghemat tenaga dan waktu, sekitar jam 9  malam lewat, setelah sempat makan Nasi Goreng di perjalanan antara Cileungsi - Rumah. Mandi terus tidur, zzzzzzzzzzzzz!

Sampai juga di gobar curug selanjutnya, antara curug Kondang (Cianjur) atau Cilember (Cisarua-Bogor) di September bulan depan.

0 komentar:

Post a Comment