Selft Maintenance : Roda Depan

Roda Depan nampaknya sudah mulai seret ini putarannya, sayang kalo gowes tenaga terkuras kalo putaran roda ga loncer. Ditambah lagi ini hari bangun kesiangan, harusnya jadwal CFD bareng SGB di Bekasi. Jadi ya sudahlah, kita coba cek kenapa dengan roda depan yang rada-rada seret putarannya.

Tips Maintenance Roda Depan


Modelnya masih yang pelor ini hub roda  depan, saat dibongkar tadi saya tambahkan grease agar putaran loncer lagi. Sambil cek pelor-pelornya masih utuh ga, atau mungkin ada yang udah pecah atau retak. Ternyata masih komplit dan oke hanya kurang grease saja.
tambahin grease/gemuk biar tambah loncer


pasang kembali



baut as roda tidak boleh terlalu kencang, menyebabkan putaran roda seret

grease hi-quality, punya mobil

Saat memasang kembali, jangan terlalu kencang baut yang empat yg terpasang di as roda, yang penting putaran roda jangan oblak aja. berikut tips dan point pentingnya :

  • hati-hati saat bongkar baut as roda, didalamnya ada pelor-pelor. Pelan-pelan saja
  • Tambahkan grease atau gemuk secukupnya dua sisi.
  • Saat memasang kembali, baut-batu as roda tidak perlu terlalu kencang. Yang justru akan membuat putaran rodanya seret. Yang penting roda ga oblak

Cek Rem, Rotor senter ke pad brake


Salah satu yang bisa menyebabkan putaran roda kurang loncer adalah gesekan rotor dengan pad rem. Hal ini sering terjadi ketika rotor yang sudah lama dipakai mulai tidak rata atau bengkok permukaan. Saat kecepatan tinggi kemudian direm akan menimbulkan panas yang bisa menyebabkan permukaan rotor mulai bengkok.
stel ulang kaliper untuk mendapatkan posisi pad dan rotor roda depan yang center


Tips :
  • putar roda dengarkan baik-baik jika ada suara gesekan kemungkinan salah satunya adalah rotor dengan pad yang bergesek.
  • stel ulang posisi pad dan rotor dengan cara stel posisi QR mengunci roda dan menyetel ulang pad di kaliper.
  • yang ideal adalah rotor sekecil mungkin bergesek dengan pad dan rem tetap pakem, cari posisi seperti ini.
  • atur sudut pandang matai agar terlihat celah antara rotor dan pad, sambil putar roda pelan-pelan. Cari sampai posisi rotor bebas dari gesekan pad.

2 komentar:

  1. wah terimakasih panduannya, untuk menghemat biaya, hal-hal dasar seperti pemeliharaan roda ini sangat diperlukan..

    ReplyDelete