Pertolongan Darurat Ban Bocor

Sebelnya kalo tiba-tiba ban bocor di tengah perjalanan. Untuk mengantisipasi hal itu mustinya selalu ada ban dalam atau alat tambal ban di tas tool. Kejadian itu kemarin Saya alami saat gowes mbloang trek JPG menjelang finish sekitar area padang ilalang Danau cibeurem ban belakang bocor.

Untungnya bukan gowes solo, masih ada Wewe TMB yang dengan sigap membantu Saya  mengganti ban dalam. Untung kedua kalinya itu ban dalam sempat saya masukan ke tas perbekalan, jadi aman ga perlu TTB cari tukang tambal ban.
bongkar pasang ban dalam hanya perlu tangan kosong ternyata

bocor tertusuk ranting pohoh, hmm .. ban luarnya perlu diganti udah tipis


Ban Dalam atau Alat Tambal Ban


Untuk jaga-jaga kondisi darurat yang tidak diinginkan, salah satu yang harus selalu ada di tas peralatan adalah ban dalam cadangan atau alat tambal ban. Lebih enak sih kalo yang di tas alat ban dalam cadangan tinggal ganti pompa, beres. Tapi ban dalam cadangan makan tempat, lebih praktis alat tambal ban.

Kit tambal ban yang praktis dipakai adalah tipe cold patch atau tipe dingin. Tidak perlu dibakar atau dipanaskan seperti yang sering kita liat untuk tambal ban motor. Murah saja harganya, 20 rb udah 1 paket berisi patch karet 48 buah dan 1 buah lem tube.

Add caption
Sebelum ditempelkan karet patchnya perlu dibersihkan dulu area bagian yang bocor dengan gergaji besi atau pisau yang fungsinya untuk membersihkan permukaan yang akan dilem dari minyak, kotoran atau debu. Agar karet patch menempel sempurna dan tidak bocor.
Langkah selanjutnya silahkan baca diketerangan gambar. Tidak perlu buru-buru menyelesaikan proses menambal ban, yang teliti dan hati-hati agar proses tidak perlu diulang apabila ternyata hasil tambalannya masih keluar angin.
Olesi lem di area ban yang bocor, tipis aja terus ratakan dan tunggu sekitar 10 menit agar lem nantinya melekat sempurna

lem tambal ban yang didapet dalam kit tambal ban

tempelkan karet patch

pukul-pukul atau tekan untuk hasil yang sempurna

test sebelum dipasang
Jika kejadian ban bocor Anda alami di tengah jalan dan Anda bawa cadangan, Ban dalam yang bocor jangan dibuang dulu, simpan dan tambal sesampainya di rumah dan masukan kembali ke tas alat untuk dijadikan ban cadangan.


0 komentar:

Post a Comment