Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Long Distance Journey ?

Mungkin karena memang sudah bulannya kali, Agustus ini banyak komunitas yang mengadakan acara tentang sepeda yang sangat menarik. Pasti ada kaitannya dengan HUT Kemerdekaan Indonesia yang jatuh di bulan Agustus ini.

Salah satunya adalah Jambore Sepeda Nusantara 2015 di Waduk Jatiluhur - Purwakarta tgl. 29-30 Agustus 2015. Dari Bekasi, para penggiat sepeda berpartisipasi dengan mengirim kontingen Bekasi - Jatiluhur full gowes. Jaraknya ga tanggung-tanggung 291 km pp. Semisal Saya ikut berarti ini menjadi rekor pribadi.


Musti dipersiapkan secara khusus nih sepedanya :

Overhaul Hub dan Stel Jari-jari


Sepeda yang nanti Saya pakai ke acara Jambore Sepeda ini adalah sepeda tua keluaran tahun 2011, hmm.. mesti cek ulang secara keseluruhan. Sebagian Saya lakukan sendiri di rumah dan yang bagian sepertinya tidak sanggup baru dibawa tenaga ahlinya. 

Dan rupanya, kondisi jari-jari ban belakang sudah tidak center hole lagi, putarannya udah ndut-ndutan. Nah ini bagian yang musti dikerjain sama bengkel. Sebenarnya alat atau kuncinya murah, cuma untuk setingnya .. hehehe.. perlu keahlian khusus dan ragum buat ngukur centernya rim. Sore ini sepeda Saya bawa ke bengkel di Asem yang letaknya paling ga sampe 1 km dari rumah.
berhubung roda belakang udah dilepas, sekalian OH hubnya.. ganti pelor dan ganti grease. Sekalian bongkar jadi nantinya ga perlu bongkar-bongkar lagi dalam jangka lama.

Ganti Ban Luar


Ban luar yang melekat di si Police 911 - Orlando sekarang adalah Kenda 26x2.10 dengan model kembang offroad. Tapi nampaknya ban ini sudah tidak terlalu bagus. Karetnya sudah retak dan nampaknya sudah tipis. Kemarin aja saat gowes mbolang trek JPG sempet bocor gara-gara hanya tertusuk ranting pohon. 

Sudah minta peremajaan harusnya ban luar si Police 911 - Orlando, tapi hmmm.. harga ban rupanya lumayan juga. Pengin ganti sama Kenda yang Eight Blok atau Delitire yang model turing ukuran 26x2.10 atau 26 x 1.90. Sabar dulu mudah-mudahan sebelum berangkat ke Jambore Sepeda di Jatiluhur sudah bisa ganti, minimal yang ban belakang dulu.

Perlengkapan Kemping


Acara Jambore Sepeda Nusantara 2 hari 1 malam dari tgl. 29-30 Agustus, artinya ada acara kemping alias menginap. Alat-alat sudah dipersiapkan :

  • Tenda doom kapasitas 2 orang
  • Flysheet atau jas hujan juga bisa untuk kondis darurat
  • Matras
  • Sleeping bag
  • Kompor trangia/outdoor buatan sendiri
  • alat masak
Btw, di atas adalah persiapan jauh-jauh hari yang Saya lakukan. Jika Anda termasuk salah satu peserta yang akan mengikuti acara itu persiapkan dengan baik. Kondisi sepeda Anda pastinya yang tahu seluk beluknya adalah Anda. Jika memang ada yang dirasa kurang atau bermasalah cek dan perbaiki, mengingat ini adalah perjalanan yang panjang. Hampir 300 km pp akan sangat mengganggu bila terjadi problem di tengah perjalanan.

Yuk .. mari persiapkan Sepeda, perbekalan, dan fisik !

#jamboresepeda




2 komentar:

  1. ya ampuuun, sepeda keluaran tahun 2011 sudah bisa dianggap tua ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelamaan digudang itu sepeda tante, lama ga dipake jadi beberapa part sudah tidak normal fungsinya. Karat ..

      Delete