Trik Mengurangi Kebas/Kesemutan

Biasanya, goweser nubie [kayak saya] dengan sepeda spek yg entri level menemui masalah ini. Kebas [ kesemutan] di tangan. Mulai berasa ketika gowes dengan jarak yg lumayan jauh atau melewati jalan berbatu. Tentu ini mengganggu dan bisa mengendurkan semangat yang sedang membara, hahahahhaha...!

Penyebabnya [berdasar pengalaman, ada 2 macam, setidaknya], yaitu :

       Fork suspensi depan keras
Biasanya fork bawaan sepeda yang entri level shoknya keras


fork zoom, keras bro ...

Solusi yang pernah dicoba dan yang berdasarkan beberapa literatur :
  • modifikasi fork, pernya ganti punya honda grand, yang ulirnya  rapat untuk shok yang lebih empuk potong sesuai panjang per aslinya.
  • ganti handlebar dengan model tinggi atau melengkung [rise], handlebar model rise efektif meredam getaran
  • ini yang termurah, ganti grip dengan spong seperti yang biasa dipake di motor 
  • kalo mau lebih terlihat keren pake handgrip model sayap seperti ini 
  • Pakai sarung tangan bergel
          # Posisi gowes terlalu membungkuk
Posisi gowes membungkuk cocok untuk balap, sedangkan untuk bersepeda xc, am atau touring lebih nyaman jika posisi badan agak tegak lebih rileks. Dan sepeda standar keluaran pabrik biasanya posisi bungkuk, ini yang biasanya dan bisa dipastikan dirubah oleh para goweser :
  • Ganti fork ke yang lebih panjang, 120 mm dijamin langsung tegak tuh posisi badan. 
  • Ganti stem pendek dan handle bar tinggi 
  • tambah ring head 

Demikian, beberapa trik diatas sudah pernah dicoba, yang lain berdasarkan literatur di beberapa situs yang membahas tentang sepeda. Kalau gowes nyaman kan jadi tambah semangat, ya ngga bro ...

#gowes4health

0 komentar:

Post a Comment