Tips : Memilih Sepeda Buat Nubie

Meskipun sepeda itu adalah alat transportasi sederhana dan jadul, disebut jadul karena sepeda sudah ada dari abad XVIII jauh sebelum orang mengenal kendaraan bermotor, tapi masih eksis hingga sekarang loh ! Bahkan kecanggihan rekayasa material makin memoles sepeda, sampai kita kadang tercengang dengan beberapa varian sepeda dengan harga yang wow, bahkan bisa seharga mobil. 


Disamping harga juga makin banyak aja varian sepeda yang membuat bingung, apa mau MTB,  fixie, sepeda lipat, balap, BMX, atau harian. Buat kalian yang masih bingung, kali ini Aku akan membagikan tips memilih sepeda. Mari Kita simak :

  • Budget

Harga sepeda mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta juga ada, namun untuk rentang harga sepeda yang bisa diandalkan, awet, dan tidak sia-sia, carilah sepeda mulai dari 2 juta-an untuk tipe MTB entri level dan kisaran 1 juta-an untuk BMX atau sepeda harian. Sepeda dengan harga ratusan ribu atau di bawah 1 juta cepat rusak, karat dan yang akhirnya tidak bisa dipakai dalam hitungan bulan, sayangkan hanya buang-buang uang.

  • Peruntukan

Anda membeli sepeda dengan suatu alasan untuk apa sepeda itu nantinya. Misal untuk anak sebagai hadiah kenaikan kelas, jika anak cowok pilihan bijak adalah BMX atau MTB. Atau mungkin Anda ingin olahraga keliling komplek perumahan atau ikutan CFD tiap akhir pekan bisa beli seli [sepeda lipat] atau MTB, tapi jika sudah lebih serius untuk hobi blusukan MTB adalah pilihan paling cocok. pilih sepeda MTB yang speknya sudah lumayan bagus, seperti frame alloy, groupset accera, brakenya hidrolik.

  • Komponen 

Saat memilih sepeda perhatikan komponen vital disepeda dan yang berharga mahal misal Suspensi/fork, groupset, frame, brake, roda/wheelset. Biasanya jika dibanding beli frame sepeda dan merakitnya akan membutuhkan biaya lebih mahal daripada membeli sepeda yang udah jadi/full bike. tips yang paling bijak adalah menaikkan budget sedikit, selisih 200-300 ribu-an bisa mendapat komponen yang terpasang lebih bagus. Pabrikan sepeda mengeluarkan model sepeda biasanya berseri, Kita ambil contoh Pacific model Tranzline itu ada seri 100,300,500,600, dan yang paling tinggi 900. Beda harga antara Pacific TZ500 dan 600 itu selisih 100-200 ribu tergantung toko sepeda. Jika budget ga mepet-mepet amat mending pilih TZ600, lebih bagus beberapa komponennya.

  • Test Drive

Oke deal, model cocok, warna cocok, harga cocok.. deal. Bayar ! Bawa pulang, eits.. ntar dulu bro ..! jangan terlalu terburu-buru, cek dulu beberapa komponen ini, Spoke atau jari-jari minta stel dulu tandanya putaran roda anteng ga speleng, baut-baut kenceng, Kartu garansi, Faktur pembelian, dan ini yang sering dimainin sama mekanik. Tanya apa model sepeda yang Anda beli sudah termasuk mata kucing atau reflektor depan belakang, kadang suka diambil sama mekaniknya. Dan cobalah minta bonus seperti kunci, tempat minum, atau spakbor/mug guard.

  • Single dan Multi Speed

Sepeda single speed adalah sepeda yang mempunyai satu gear depan dan satu gear belakang. Sepeda ini tidak serumit sepeda multi speed yang dilengkapi shifter untuk pindah gear. Jika Anda beli sepeda untuk anak yang masih kecil, taruhlah masih umuran anak SD pilihan single speed adalah yang paling memungkinkan, dengan pertimbangan anak kecil masih sembrono, oh ya .. multi speed perlu aturan khusus untuk memakainya, dan yang kedua multi speed atau groupsetnya adalah salah satu komponen paling mahal di sepeda. Kalau sepeda dengan harga murah groupsetnya pasti cepat rusak

  • Sepeda Seken

Boleh juga alternatif ini, cuma .. Anda mesti teliti, ngerti dikit-sikit mengenai sepeda, dan tawar. Yang penting banget juga, kalau beli sepeda seken cari yang sepeda itu memang terkenal bagus, misal Federal. Meskipun sepeda federal umur sudah lebih dari 30 tahun, tapi sepeda ini rata-rata masih bagus. Itu karena Federal dibuat dari material terbaik pada waktu kurun tahun 80-90an.

Sip, mudah-mudahan tips di atas bisa membantu Anda yang mau beli sepeda. Dan .. yang penting bukan sepedanya tapi gowesnya om ...! Atau barangkali ada yang punya tips jitu, silahkan tambahan dikomentar.

#gowes4health



0 komentar:

Post a Comment