Rute ke Air Terjun Cigamea

Air terjun [baca - curug] Cigamea terletak di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (KTNGHS), tepatnya di Desa Gunung Sari - Kecamatan Pamijahan - Bogor,  Koordinat GPS: 6° 41' 40.30" S  106° 41' 8.48" E . Seperti umumnya obyek wisata curug di wilayah Bogor yang terurus dengan baik, Cigamea juga memberikan kemudahan akses transportasi, pengelolaan kawasan curug yang sudah lumayan baik, dan fasilitas penunjang yang cukup meskipun tidak bisa dibilang baik.

Terletak di pinggir jalan Raya Salak Endah, mobilpun bisa masuk sampai parkiran Curug Cigamea, dari parkiran pengunjung sudah dimanjakan dengan akses jalan yang sudah rapi berupa tangga batu permanen sampai di curug, jaraknya skitar 500 meter. Banyak tersedia warung-warung penjual makanan, souvenir dan toilet di sepanjang tangga. Sayang tidak dijumpai lokasi kemping untuk mendirikan tenda.

akses tangga untuk turun ke curug Cigamea

Akses Jalan ke Curug Cigamea


Dari Stasiun KA Bogor bisa naik angkot 03 ke arah Terminal Cibubulak. Lalu naik angkot 05 ke arah Leuwiliang. Turun di pertigaan Cibatok kemudian disambung lagi angkot 59 sampai ke titik terakhir. Lalu lanjutkan naik ojek ke pintu masuk obyek wisata Curug Cigamea.

Saya berkesempatan di h+2 lebaran Idul Fitri 2105, atau tepatnya tgl. 19 Juli 2015  gowes bareng [gobar] dengan komunitas sepeda Sobat Gowes Bekasi [SGB] dan Pacific Rider Bekasi [PRB]. Saya abadikan rutenya di aplikasi trek record Endomondo, jika Anda membutuhkan bisa didownload di link ini https://www.endomondo.com/routes/564436355?fb_ref=Default. Atau untuk ilustrasi bagaimana kondisi treknya bisa dibaca di link ini .. http://gowesforhealth.blogspot.com/2015/07/gobar-curug-cigamea-full-gowes-180-km.html.

Untuk alternatif pelepas penat, Curug Cigamea cocok dijadikan destinasi. Di samping kemudahan akses dan fasilitas yang lumayan, harga tiketnya juga murah meria. Untuk akses masuk dikenakan biaya 10 ribu per orang + parkir. Pemandangan indah, suasana yang alami dengan suhu yang sejuk di sekitar curug, apalagi kalau mau mencoba berenang di kolam di bawah curugnya, airnya dingin segar. Dijamin betah berlama-lama di sini.

Kawasan curug ini sebenarnya terdiri dari 6 buah curug, Curug Cigamea yang berdampingan dengan Curug Cimudal, ada juga Curug Seribu, dan masih ada 3 lagi yang lainnya. Primadonanya Curug Cigamea karena lokasinya yang paling mudah di akses.
curug cigamea

curug cimudal
Jika masih punya sisa waktu boleh juga mampir di Warung di belokan sebelum Cigamea, view sawah berundak yang bisa dinikmati dari warung pinggir jalan ini enak sambil makan soto babat atau sekedar ngopi.
sawah berundak .. keren ..!


#‎gowes4health‬


0 komentar:

Post a Comment