Prioritas

Skala prioritas :
  1. Kerja
  2. Keluarga
  3. Sepeda

Seperti diingatkan oleh kawan yang pernah berbicara atau menuliskan status seperti judul artikel ini. Bahwa hidup harus bermanajemen dan berskala prioritas. Saat memilih Sepeda [gowes] sebagai aktifitas hobi bagaimanapun senangnya tetaplah harus diurutan ketiga. Masih ada yang lebih penting dari ini, yaitu kerja dan keluarga.


Kalaupun terjadi bentrok waktu, misal sabtu besok sudah janji gobarpun tetap harus mengalah jika secara mendadak ada urusan kerjaan atau keluarga yang lebih penting dan harus didahulukan. Bagaimanapun Bersepeda atau gowes merupakan aktifitas tambahan yang penting tapi tidak ada urgensinya, tidak membuat masalah besar jikapun harus ditunda.


Memilih Komunitas


Ini juga penting, tetap harus berprinsip "memandang ke bawah". Sepeda tanpa komunitas itu kurang motivasi, Gowes itu lebih asyik jika barengan dengan komunitas sepeda. Tapi, harus pandai-pandai mengatur diri untuk memilih komunitas yang tepat. Salah satu pertimbangan adalah dari sisi hmmm... ekonomi atau duit. 

Mencari teman komunitas yang selevel dalam hal tipe dan harga sepeda membuat tidak mudah iri yang bisa mengakibatkan minder atau malah membabi buta terutama dalam hal upgrade tetek-bengek urusan sepeda. Jangan sampai gara-gara urusan sepeda fullsus terus uang dapur terpakai, haduh .. parah itu. Sepeda sebagai sebuah hobi, mengikuti hukum seperti hukum-hukum hobi yang lainnya. Tidak ada kata puas untuk hobi. Kalaupun dituruti upgrade sepeda bisa lebih mahal dari harga sebuah mobil seken atau LCGC.

Pertimbangan yang lain adalah selalu ingat "tujuan gowes". Mungkin sebagian besar setuju bahwa tujuan utama gowes adalah untuk olahraga. Jadi, tidak usahlah terlalu dineko-neko sepedanya. Kecuali jika Anda mempunyai duit lebih setelah kebutuhan yang lebih pokok terpenuhi. 

Sebetulnya gowes itu murah meriah kok, misal nih .. Saya buktikan gowes PP Cigamea - Bekasi yang jaraknya sekitar 180 km itu untuk biaya akomodasi kisaran 100 rb. Itu sebenarnya masih harus dikurangi kebutuhan pokok untuk 3x makan, toh gowes ataupun tidak kitapun tetap makan 3 kali.

So .. buat Saya Gowes itu untuk fun bukan untuk gengsi ... Setuju ?
Baca juga artikel ini untuk mengerem hobi bersepeda yg udah neko-neko : http://gowesforhealth.blogspot.com/2015/07/mencari-jati-diri.html


1 komentar:

  1. virus modifikasi itu biasa gan utk yg suka bersepeda. Ngga pa2 asal jgn berlebihan...

    ReplyDelete