Permasalahan Telat Pindah Gear dan Trouble Shootingnya

Ini merupakan lanjutan dari seri tulisan mengenai si Police 911 - Orlando yang dapat seken. Memang, dapat barang seken itu musti sabar merawat. Meskipun si XMT sepeda murahan tapi karena baru kali ya jadi belum ada masalah. Beda dengan si Police 911 -Orlando yang mungkin karena terlalu lama dianggurin sama pemilik lama jadi beberapa komponen macet.

Saat kasus putus rantai, disebabkan oleh gear yang respon pindahnya telat. Permasalahan telat pindah gear ini juga masih saya rasakan ketika si Police 911 - Orlando di bawa ke trek JJ. Makanya saat tanjakan beberapa kali TTB karena takut putus rantai terulang .. halah halesan .. wkwkwkwkwkwk.

outer shifter
outer shifter meteran
Nah... baru kemarin permasalahan telat pindah gear ini terpecahkan. Kemarin sore si Police 911 - Orlando Saya bawa ke Bengkel Nusantara Makmur, di pegang sama mekanik yang top banget ilmunya .. om Anto. Ternyata permasalahnnya ada di Shifter Outer. Kelihatan sepele, tapi penting ini. Saat ditanjakan, jika gear pindah telat atau terlalu lama proses pindah ke gear berikutnya akibatnya fatal. Rantai putus ! 

Penjelasannya begini, saat jempol kita menarik tuas shifter itu akan menarik atau mengendorkan kabel shifter yang menggerakan RD mengarahkan rantai naik atau turun gear. Fungsi outer shifter adalah sebagai selongsong agar pergerakan kabel shifter lancar. Jika outer shifter sudah berkarat justru akan menghambat kabel shifter sehingga gerakannya tidak lancar. Gaya yang ditransfer ke RD akan terhambat, RD tidak penuh  menggerakan rantai, sehingga rantai akan tanggung memposisikan rantai bisa terjadi slip posisi rantai ke gear. Ini yg berbahaya dan membuat rantai bisa putus.

Terima kasih sudah menyimak .



0 komentar:

Post a Comment