Perbaikan : DiY Chainguide V2.0

Misi pribadi gowes ke Cigamea itu untuk test beberapa perangkat bantu yang terpasang di Sepeda yang merupakan buatan sendiri. Menerapkan ilmu ATM [amati tiru modifikasi] dari part keluaran pabrikan. Salah satu yang keren dari alat DiY itu adalah chainguide. Chainguide berfungsi untuk menstabilkan putaran rantai saat di medan offroad, sehingga guncangan rantai ga menimbulkan berisik dan merusak chainstay.

Sebenarnya chainguide yang dibuat berfungsi dengan baik, hanya saja bahan karet yang bergesek dengan rantai tidak tahan lama. Setelah melewati 180 km karetnya habis tergerus rantai.
karet chainguide diy sobek kena gesekan rantai

Masalahnya ada dibahan karet yang tidak tahan terhadap gesekan rantai, bagian ini saja yang diganti dengan bahan plastik yang lebih licin dan lebih tahan gesekan. Bahan pengganti itu dipilih dari bekas botol obat yang terbuat dari plastik dipotong bagian mulut botolnya. Seperti gambar di bawah ini :

Dan, dari hasil test gowes 118 km menempuh rute Bekasi - Bendung Walahar di Karawang PP kondisi plastik penahan rantai yang terbuat dari bahan bekas botol plastik obat ini tetap utuh dan berfungsi normal. Ok, welldone .. fix Chainguide V2.0

‪#‎gowes4health‬

0 komentar:

Post a Comment