Mengenal Sistem Rem Sepeda - Mechanic Disk Brake

Seperti kendaraan pada umumnya, sepeda juga mempunyai sistem rem. Rem sepeda ada di bagian roda depan dan roda belakang. Rem merupakan salah satu dari sekian komponen safety, berfungsi untuk menghentikan laju sepeda dengan cepat. Penting untuk merawat rem secara berkala, demi keselamatan dan juga agar part-part di rem ini tahan lama.

Di artikel ini kita hanya akan membahas seluk-beluk salah satu tipe rem yaitu Mechanic Disk Brake

Komponen-komponen Mechanic Disk Brake


  • Rotor atau disk


  •  adapter


  •  kaliper


  •  kabel lever

 

  • brake lever

  • brake pad

Tips Cara Mengerem 

Tenaga saat menekan lever akan didistribusikan oleh kabel ke kaliper, menggerakan pad brake menjepit rotor, dan akhirnya menghentikan roda. Kira-kira seperti itulah cara kerja rem Mechanic Disk Brake. Sederhana ya tekan .. berhenti, tapi jadi perlu skil dan trik untuk menghentikan laju sepeda, kondisi medan menjadi pembeda. Simak tips mengerem yang benar :
  • Jangan tekan rem 100% secara mendadak, justru saat roda berhenti total mendadak ban akan kehilangan grip ke jalan bisa mengakibatkan slip atau terlempar.
  • Gunakan rem depan dan belakang, distribusikan 70% tekanan rem untuk roda belakang dan 30% untuk roda belakang.
  • Di tikungan, kurangi kecepatan sebelum masuk tikungan. Menekan rem dengan kuat saat posisi sepeda menikung bisa menyebabkan roda slip
  • Di kondisi basah atau hujan, jarak pengereman akan bertambah panjang. 
  • Jalan licin, berpasir atau berbatu, paling baik adalah mengurangi kecepatan sebelumnya. jika sudah tidak ada kesempatan jangan tekan rem kuat-kuat. Tekan rem secara bertahap.
  • Di turunan, jangan menekan rem terlalu kuat apalagi rem depan, akan membuat anda terjungkal.
Teknik di atas adalah teknik dasar, bisa dilatih. Jika sudah terbiasa gowes akan nyaman dan aman.

Troubleshooting
  • Bunyi berdecit di rotor bisa berarti rotor kotor, bersihkan secara berkala rotor dengan air sabun dan sikat
  • bunyi berdecit seperti gesekan besi berarti brake pad habis, ganti secara berkala. Jika hal ini dibiarkan akan menyebabkan rotor terkikis
  • Rem blong bisa disebabkan karena setingan ketegangan kabel terlalu kendor bisa juga permukan pad dan rotor terkena oli atau minyak

"Dengan banyak berlatih akan semakin mahir menguasai teknik mengerem. Jika sudah mahir bersepeda akan terasa nyaman dan yang terpenting aman !"







0 komentar:

Post a Comment