Mengenai Cara Kerja RD Shimano Acera

Di antara komponen yang ada di sebuah sepeda, yang paling rumit cara kerjanya ada RD [Rear Derailluer], sampai lier eui setingnya .. Tapi nekad aja .. Shimano acera di police 911 - Orlando akhirnya dibongkar ! Ga total sih, ga berani di bagian pivotnya, bongkarnya hanya bagian pulley, plat dan barrelnya. Tapi cukuplah buat tau gimana sih sebuah RD bekerja memindahkan gigi.
RD Shimano Acera 8 speed

part name

RD memindahkan gear dari yang paling kecil gear 8 [di shimano acera]  ke yang atas [7,6, dst] melalui kabel shifter yang di gerakan secara mekanis oleh shifter di handlebar dan sebaliknya. Perpindahan gear ini terjadi diatur oleh ketegangan kabel shifter, posisi rest [kabel paling kendor] berada di posisi gear terbesar [gear 1], kabel shifter semakin menegang ketika dipindahkan ke posisi gear yg lebih kecil dan yang paling tegang ada diposisi gear 8. Secara kasat mata bisa dilihat pergerakan RD mendekat dan menjauhi jari-jari atau roda.

Barrel Adjustment

Pertama adalah menyetel ketegangan kabel shifter di posisi gear 1 dengan bantuan kunci pas no. 9 dan tang jepit, jika sudah didapat posisi ketegangan kabel shifter kencangkan cable achor bolt. Lalu coba pindahkan ke gear lain satu persatu.

 Jika terjadi kasus seperti ini, misal pindah gear dari 6 ke gear 7 tidak mau pindah, maka bisa dibantu dengan memutar barrel adjustment ke arah kanan 2 klik untuk menambah menarik kabel shifter lebih kuat. Sebaliknya jika perpindahan gear dari 7 ke 6 tidak mau maka kurangi ketegangan barrel adjustmen dengan memutar ke arah kiri 2 klik.

Atau jika terjadi rantai berisik karena tidak pas posisi rantai ke gear bisa diperbaiki dengan menyetel barrel adjustment sampai bunyi berisik rantai hilang dan posisi rantai pas ditengah gear.

Pindah Gear Mentok di Gear ke 4

Yang ini yang bikin lieur, jika kemarin telat oper gearnya, sekarang RD mentok hanya bisa ke gear 4, tidak sanggup pindah ke gear 5 - 8. Memang kondisi RD Shimano Acera sudah rada NG [Not Good], penyebab pastinya adalah pin limiternya sudah aus sehingga saat RD membutuhkan pengait untuk bergerak ke posisi mendekati roda, malah los .. ! 

Sepertinya sudah tidak bisa oprek ini om, hadeh. Bahannya alumunium nih RD Acera, kalo misal besi bisa dilas tambal daging, belum tau kalo alumunium apa bisa di las babet. Padahal cuma 1 titik kecil segede biji kacang ijo, hmmm .. harus merogoh kocek sekitar 150rb buat beli yang baru, nanti dah selepas lebaran, sekarang nikmati aja gear 4-nya.. hahahhaa...!
Tapi okelah, besok dicoba bawa ke mekanik langganan, mudah-mudahan analisaku salah dan RD Acera ini masih bisa dipakai. Kalopun ternyata memang RD Acera memang udah rusak, anggaplah 150 rb itu sebagai ongkos belajar, namanya ilmu kan pasti kepakai suatu saat nanti.

#gowes4health



0 komentar:

Post a Comment