Membahas NiteRide dan Lampu Sepeda

Dari NiteRide bareng personil PRB 5 Juli 2015 kemarin, banyak pengalaman yang bisa diambil. Salah satunya adalah mengenai lampu depan sepeda. Lampu depan penting untuk gowes malam, apalagi untuk trek lintas kebon. Menjadi sangat vital.

Bukan sekedar asal ada lampu ya om, mungkin kalo NiteRide di jalan raya yang notabene jalanan mulus dan dibantu sama lampu penerangan jalan fungsi lampu bisa dikatakan hanya untuk penanda kehadiran kita di jalanan itu, biar ga diseruduk  pengendara lain. Tapi .. jika udah bicara NiteRide di kebon, apa yang bisa diharapkan membantu mata kita melihat jalanan ? so pasti ga ada lampu jalan, ditambah lagi jalanan yang ga rata, sempit, sebelahnya langsung kali atau parit meleng dikit langsung terperosok. Masih ada lagi, turunan dan tanjakan yang kesannya jadi tiba-tiba nongol karena pandangan mata samar-samar.

Menjadi penting cahaya dari lampu depan sepeda kita, untuk memberi intensitas cahaya yang cukup buat mata kita mengenali medan dan objek agar respon kita cepat mengantisipasi keadaan.
Di atas ada 2 buah macam senter yang berfungsi untuk lampu depan sepeda, mari kita bahas ...

1. Powerbeam [yang atas]
Ini adalah senter dengan 5 led merknya powerbeam, banyak di lapak online aksesoris sepeda atau di toko sparepart sepeda. Tapi, berdasarkan pengalaman dipakai selama hampir sebulan merk ini kurang terang. Hanya cocok buat safety '[mode kedip] .. bahwa ada kita dijalanan. Kalo buat NiteRide di kebon [offroad] bikin sengsara, sering terperosok.. hehehe..

2. Senter Police
Ini sudah model led cree, sangat terang cahayanya. Tapi harus hati-hati memasangnya jangan terlalu ke atas, bisa bikin silau pengendara lain dari arah depan. Senter Police ini rekomendasi lah kalo buat NiteRide jelajah offroad, seperti trek JJ. Tinggal bicara dengkul kalo untuk melibas tanjakan ngehe. Kelemahannya mesti beli bracketnya lagi untuk dipasang di stang sepeda. hmmm.. ini saya dapat di toko listrik deket rumah kemarin, kayaknya bisa dibikinin sendiri bracektnya dari paralon dan knee pvc. 
hasil test senter Police Swat

Senter police ini di dalam box kemasan dilengkapi dengan bateri cas 4800mah/3.7v, charger, charger mobil, cone, dan tempat bateri 3A. Rekomendasi pake senter ini untuk NiteRidenya.

Yuk ah NiteRide lagi.. 

#gowes4health

0 komentar:

Post a Comment