Mau Awet Muda ?, Gowes Yuk !

LONDON, (PRLM).- Bersepeda benar-benar membuat sehat tubuh dan pikiran juga membuat awet muda. Sebuah studi terhadap para pengendara sepeda amatir yang berusia 55-79 tahun menemukan, secara fisik para goweser jauh lebih muda daripada kebanyakan orang seusia mereka.
bersepeda bersama
gowes
Sebanyak 81 pria dan 41 wanita menjalani tes ekstensif, termasuk mengukur kekuatan jantung, paru-paru, refleks, otot, dan tulang dan kemampuan mental.
Meskipun rentang usia 25 tahun, anggota yang lebih tua dari kelompok ini memiliki kekuatan otot, paru-paru dan kapasitas latihan dari partisipan yang lebih muda.
Dr Ross Pollock, yang memimpin tim ilmuwan dari King College London, memperingatkan bahwa sebagian besar dari kita tidak aktif, yang menyebabkan 'masalah fisiologis pada setiap usia'.
"Bersepeda tidak hanya membuat Anda waspada secara mental, tetapi membutuhkan penggunaan yang kuat dari banyak sistem tubuh, seperti otot, jantung dan paru-paru, yang Anda butuhkan untuk menjaga kesehatan," kata Profesor Norman Lazarus, seperti dilaporkan dalam Journal of Physiology yang disitat Daily Mail, Selasa (6/1/2015).
(Dede Suhaya/A-147)***


Kutipan dari Pikiran Rakyat Online di atas adalah kajian secara ilmiah mengenai kaitan bersepeda membuat awet muda. Kesimpulannya : aktifitas gowes secara rutin membuat kuat sistem tubuh seperti otot, jantung, dan paru-paru.

Aku bertemu banyak para goweser baik yang masih abg maupun yang sudah separuh baya, bahkan yang sudah menjelang usia 50 tahun. Dan yang menarik perhatianku adalah para goweser senior yang masih tampak segar, bugar dan awet muda. Uban boleh udah menjadi mayoritas di kepala, tapi dari raut muka memancarkan aura fresh, semangat, dan jauh dari penyakit.

Dari sekian banyak goweser senior itu yang pernah gowes bareng dan ngobrol ada 2 orang yang akan Aku kupas sedikit untuk menjadi contoh dan mendukung sesuai dengan artikel ini.
Cak Broto
cak Broto

Cak Broto, Goweser dari Cileungsi - Bogor ini lulus STM tahun 1982, berarti perkiraan usianya sekitar 53 tahun. Uban boleh sudah memutih menghiasi sebagian besar rambutnya, tapi jangan salah bro .. wajahnya masih tampak sumringah, segar-bugar dan kalo gowes, tenaganya ga kalah sama anak muda umur 25 tahun.

Pertama kali bertemu Beliau di Trek Bondol Nawit. Meskipun sudah berkepala 5, kebugaran tubuhnya seperti 10 tahun lebih muda.

Bahkan akhir Agustus bulan depan, Beliau nantangin Aku hadir di Jambore Sepeda Nasional di Purwakarta. Full gowes .. waduh !


om dono
Om dono

Om Dono, goweser yang tinggal di Jatiasih , Bekasi ini hafal luar kepala trek paling keren di Bekasi yaitu trek JJ. Perkiraan usia beliau mendekati kepala 5. Ajaklah beliau blusukan di Trek JJ - Tape Uli, dengan senang hati beliau akan mengiyakan tentu saja jika tidak bentrok dengan jadwal lain. 

Ketika melihat penampilan fisik beliau saat berjumpa di kopdar atau acara gowes bareng, kesan pertamanya adalah kesehatan tubuh yang prima [mirip atlet profesional], semangat, dan awet muda. Sama dengan tokoh pertama kita, ubannya juga udah mendominasi tapi keseluruhan raut muka dan tubuh terkesan jauh lebih muda dari umur sebenarnya.

So .. mau awet muda ? Gowes yuk ..!



1 komentar:

  1. nice :)
    yuk kunjungi website elementmtb.com buat yang ingin tahu tentang jenis-jenis dan tipe-tipe sepeda element :)

    dan jangan lupa untuk like fanpage FB “Element MTB” yah..trimakasih ^^ salam gowes untuk semuanya :D

    ReplyDelete